AirAsia QZ8501 Akhirnya Ditemukan

air asis okJakarta.RBC. Upaya pencarian pesawat AirAsia akhirnya berhasil juga. Badan SAR Nasional (Basarnas) memastikan 95 persen serpihan dan jenazah yang  ditemukan di sekitar perairan Pangkalan Bun Kalimantan Tengah berasal dari AirAsia QZ8501.

“Tim pencari menemukan serpihan berupa pintu emergeny pesawat, koper di laut sebelah selatan pulau Kalimantan. Ada juga enam jenazah yang terlihat di perairan itu. ” Kami segera akan melakukan evakuasi besar-besaran kata Kepala Basarnas Marsdya TNI F Henry Bambang Soelistyo, Selasa, 30 Desember 2014..

Untuk evakuasi, TNI mengirim seluruh armada ke lokasi. Selain itu juga telah disiapkan sejumlah pasukan untuk menyelami laut sedalam 25-30 meter tersebut.

Sementara itu Laksamana Pertama Sigit Setiyanta yang memimpin operasi pencarian korban AirAsia mengakui jika timnya berhasil menemukan enam jenazah yang diduga kuat adalah korban AirAsia.

“Enam penumpang dievakuasi di KRI Bung Tomo dan sejumlah tas milik korban. Dan akan dibawa ke Pangkalan Bun sebagai lokasi terdekat,” kata Sigit.

Dia memastikan proses evakuasi akan dilakukan selama 24 jam ke depan. Namun hal itu juga tergantung dari kondisi cuaca di lokasi jatuhnya pesawat.

Selain KRI Bung Tomo, tim juga menerjunkan KRI Banda Aceh yang akan dijadikan posko utama proses evakuasi karena kelengkapan heli dan fasilitas dimiliki oleh KRI ini.

Sigit menghimbau para keluarga penumpang dan awak QZ8501 untuk bersabar selama proses evakuasi yang dilakukan oleh tim pencarian. “Percayakan kepada anggota TNI, Polri dan Basarnas untuk menuntaskan proses pencarian dan evakuasi,” kata Sigit.(bbs/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *