Ajaran Islam Sangat Universal dan Konprehensif

Lurah Laiworu, Adi Jaya Purnama, S.STP.,M.Si
Lurah Laiworu, Adi Jaya Purnama, S.STP.,M.Si

Raha, RBC – Ajaran Islam sangat universal dan komprehensif sehingga tidak akan pernah lekang sepanjang zaman. Nilai-nilai ajaran Islam sangat akomodatif dan responsif terhadap perubahan-perubahan kondisi kekinian dan masa datang dalam kehidupan baik individu maupun masyarakat demi terwujudnya kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

Artinya, Islam adalah lokomotif perubahan bagi tercapainya kebahagiaan dan keselamatan duniawi terlebih lagi kehidupan ukhrawi. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut, yakni dengan senantiasa menaati segala Allah SWT , dan Rasulullah saw serta pemimpinnya (baca; Pemerintah).

Demikian penekanan Lurah Laiworu, Adi Jaya Purnama, S.STP.,M.Si ketika membawakan ceramah shalat tarawih di Masjid Baitul Rahman, Kontu Timur, Minggu malam lalu (28/6) di Raha. Menurutnya, ketataan hanya kepada Allah swt dirasa belum cukup, jika tidak pula mentaati Rasulullah Muhammad saw dan Ulil Amri (Pemimpin yang adil dan sah), sebagai mana +elah di Firmankan Allah swt dalam Al-Qur’an pada surah An-Nisa ayat 59. “Tidak lengkap ketaatan kita, hanya kepada Allah semata, tetapi pula mesti diikuti dengan ketaatan kepada Rasulullah Muhammad SAW dan Pemimpin-Pemimpin di bangsa dan Negara kita saat ini,” kutip Adi Jaya Purnama. 

Karena itu kata dia, ummat Islam senantiasa meningkatkan kepatuhan dan konsistensinya dalam menjalankan hukum-hukum Allah swt, perintah Nabi Muhammad saw dan Ulil Amri di bangsa ini sehingga nantinya akan terus terbentuk dan terpelihara suasana kehidupan yang penuh dengan kedamaian, dinamis dan Islami di tengah-tengah masyarakat bangsa kita yang sangat pluralis.

Sebagai bangsa yang besar, lanjut Adi, ummat Islam bersama dengan ummat lainya di Negara ini perlu dipupuk dan dilestarikan secara terus-menerus budaya persatuan dan kesatuan serta kebersamaan dalam membangun dan menata kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik dari waktu-waktu agar rakyat bangsa ini senantiasa bisa kuat dan maju, ungkapnya sambil melansir salah satu Firman Allah swt pada Surah Al-Anfal ayat 46. “Dan taatlah kalian kepada Allah, dan janganlah kalian berselisih karena (perselisihan) menyebabkan kalian akan menjadi lemah dan hilang kekuatan”. 

Di antara jamaah yang hadir pada kesempatan tersebut adalah Sekcam Batalaiworu, La Ode Ntero, S.Ag, Pengurus Ikatan Persaudaraan Mualaf Kab. Muna, L. Giu, S.Pd, para pegawai Syara dan tokoh masyarakat Kec. Batalaiworu. (Syukur La Ode Abdul) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *