Akademisi Makassar Tolak Revisi UU KPK

Gedung KPK (ist)
Gedung KPK (ist)

Makassar (rakyatbersatu.com) – Penolakan terhadap rencana revisi UU KPK oleh DPR semakin gencar dilakukan oleh kelompok masyarakat anti korupsi. Di Makassar, sejumlah akademisi pun menyatakan menolak revisi UU KPK jika itu dilakukan hanya melemahkan lembaga anti rusuah itu.

Deklarasi penolakan revisi UU KPK yang digelar di Fakultas Ilmus Sosial dan Ilmu Politik Unhas, Jumat (9/10/2015) itu dihadiri Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina, aktivias perempuan, ACC, Kopel, LBH Makassar, sejumlah NGO serta dihadisi salah seorang panitai seleksi calon KPK, Dr Muthia Gani Rochman.

Dosen Sosiologi Unhas, Dr M Darwis M.Si menegaskan bahwa deklarasi ini hadir untuk menjawab rencana DPR merevisi UU KPK yang justru melemahkan peran KPK.

Menurut Darwis, dalam draft revisi UU KPK mengatur adanya pembatasan masa kerja KPK hanya 12 tahun. Dimana disebutkan dalam Pasal 5 draft revisi UU KPK, Komisi Pemberantasan Korupsi dibentuk untuk masa waktu 12 tahun sejak Undang-Undang ini diundangkan.Selain pembatasan masa kerja KPK, dalam draft revisi UU KPK juga mengatur KPK hanya dapat menangani sebuah kasus korupsi dengan nilai Rp 50 miliar ke atas. Sehingga, kasus korupsi dengan nilai Rp 50 miliar ke bawah hanya akan ditangani oleh penegak hukum lainnya.

Menurut Darwis, pembatasan nilai korupsi yang ditangani KPK tidaklah beralasan karena berapapun nilai kerugiaan negara atas sebuah tindakan korupsi dapatlah ditangani sebagai tugas dari KPK.

“Saya melihat draf revisi UU KPK ini justru semakin melemahkan peran dan fungsi KPK dalam memberantas korupsi. Hal ini harus segera dicegah. KPK harus didukung penuh oleh masyarakat, ” tandas Darwis.

Soal penyadapan yang harus mendapat izin, juga berpotensi melemahka KPK, padahal kita tahu bahwa selama ini upaya penanganan korupsi cukup berhasil dengan hasil sadapan itu.

Deklarasi yang dibuat oleh sejumlah akademisi dan alemen masyarakar tersebut kemudian di serahkan ke Rektor Unhas untuk diteruskan ke pemerintah.(yd/bbs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *