Akbid Muhammadiyah Makassar Kelola Desa Binaan di Pinrang

Ketua Unit Penjaminan Mutu dan Kajian Pengembangan Pembelajaran AKBID Muhammadiyah Makassar Nurdiana, S.St, M.Kes (tengah) bersama dengan dose di kampusnya.
Ketua Unit Penjaminan Mutu dan Kajian Pengembangan PembelajaranAKBID Muhammadiyah Makassar Nurdiana, S.St, M.Kes (tengah) bersama dengan dosen di kampusnya.

Makassar (rakyatbersatu.com) -Akbid Muhammadiyah Makassar mengelolah  desa binaan yang merupakan kelanjutan dari program kerja mahasiswa kampus ini saat ini melaksanakan PKL di Kabupaten Pinrang.

“Desa binaan ini pertamakali dibentuk tahun 2013 di Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang.    Naskah perjanjian kerja sama pelaksanaan desa binaan tersebut tertuang dalam surat nomor 216/KTR/VI/2014,” ungkap Ketua Unit Penjaminan Mutu dan Kajian Pengembangan Pembelajaran AKBID Muhammadiyah Makassar Nurdiana, S.St, M.Kes ditemui Kamis, 19 Nopember 2015.

Nurdiana mengatakan, kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pembinaan/pengembangan institusi (kelembagaan), pengembangan sumber daya manusia, pengembangan dan pembinaan derajat kesehatan ibu dan anak, peningkatan kesehatan reproduksi remaja dan peningkatan kesehatan Usia lanjut

        Pelaksanaan pembinaan dilakukan berdasarkan hasil laporan pelaksanaan PKL Mahasiswa yang ditindak lanjuti dengan kegiatan yang sesuai dengan masalah prioritas masyarakat, terutama yang terkait dengan kesehatan reproduksi.

         Pada tahun 2014 pengembangan dan  pembinaan derajat kesehatan ibu dan anak telah dilakukan melalui penyuluhan kesehatan yang terkait dengan kesehatan reproduksi, pemeriksaan IVA/Papsmear pada pasangan usia subur secara gratis yaitu sejumlah 33 PUS. Kegiatan selanjutnya pada tahun 2015 dengan hasil pengembangan satu desa binaan di kecamatan Sawitto Kabupaten Pinrang, ungkapnya.

          “Kegiatan desa binaan melibatkan dosen tetap yang merupakan Tim Penanggung Jawab Desa Binaan di Kabupaten Pinrang dan mahasiswa dalam hal ini adalah BEM Akbid Muhammadiyah Makassar,” tandas Nurdiana. (yaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *