Album Reinterpetasi Elvyn G Masassya: Karya Idealis Jadi Lebih Komersil

 Elvyn G. Masassya

Elvyn G. Masassya

PENYANYI  Jazz, komposer dan produser rekaman Elvyn G. Masassya (MGM) punya kiat tersendiri untuk menyuguhkan 13  lagu karya idealisnya menjadi lebih aktual dan  komersil. Diantaranya dengan menggandeng sederet komposer muda handal dan sedang berkibar karirnya – mulai dari Aldi Nada Permana, Lafa Pratiomo, Viki Passandaran  untuk mengarnsmen ulang karya-karyanya. Plus memberi keleluasaan kepada penyanyi kawakan seperti Fariz RM, Danny “Java Jive”, Citra Dewi, Eka Deli, Iwan Abdie, Matthew Sayers, Uci Nurul hinga vokalis baru – Danilla untuk menafsirkan ulang (reinterpretasi) lirik, komposisi dan lagu dengan gaya nyanyi mereka masing-masing.

“Dengan menggandeng sederet komposer muda sekaligus memberi ruang lapang kreatifitas mereka untuk mengurai dan memberi pemahaman baru soal lirik, lagu dan  aransmen sesuai tren musik kekinian, lagu-lagu idealis saya diharapkan jadi lebih aktual. Syukur-syukur  berkat  reinterpretasi dan suguhan ulang penyanyi sekaliber Fariz RM, Eka Deli, Uci Nurul dkk. lagu-lagu karya yang pernah dinyanyikan sebelumnya pun memiliki warna, ruh baru  dan komersil,” harapan Elvyn G Masassya kepada RBC di Jakarta, baru-baru ini.

Harapan musisi komposer dan ekonom profesional kelahiran Medan, 19 Juni 1967 ini, tampaknya tak berlebihan. Lewat lagu “Tarian”, Fariz dengan cara uniknya mampu menyuguhkan karakter vokalnya yang khas  – walau lagu tersebut diaransmen Aldi Permana sesuai tren musik kekinian dengan lirik membumi. “Berkat interpretasi baru  tersebut, lagu Tarian terasa memberi aksen dan warna baru yang lebih segar. Dan yang terpenting, saya bernyanyi dengan suara dibuat-buat  dan apa adanya,”  komentar Fariz RM.

Pada lagu Prasasti , aldi yang diberi mandat Evelyn merangkap jadi penyanyi, dengan pola sederhana dan nge-pop, sukses menjadikan lagu dengan lirik singkat, tapi kaya kosa kata seperti cerita cinta yang tamaran lagi romantis.  Acungan jempol juga patut diberikan  pada penyanyi newcomer  – Danilla,  Lewat lagu bernuansa Jazzy  khas EGM  bertajuk Mimpi,  yang diaransmen Lafa Pratomo –  vokalis baru ini mempu memaksimalkan vokal renyahnya. Alhasil, lewat lantunannya, lagu yang sejatinya kental dengan warna Pop itu, menjadi bernuansa Mix Jazzy yang manis lengkap dengan liukan Britpop  nan Indah. * (naskah dan foto – ata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *