Alumni KPI UIN Alauddin Bertekad Jadi Petarung

Dr.H.Kamaluddi Tajibu, M.Si
Dr.H.Kamaluddi Tajibu, M.Si

Makassar (rakyatbersatu.com) – Amanah yang diberikan pihak kampus akan dijalankan secara maksimal dengan menjalin kerjasama dengan seluruh civitas akademika. Target hendak dicapai dalam proses re-akreditasi prodi dari BAN-PT, nilai yang sudah ada saat ini akan ditingkankan menjadi nilai A.

Demikian ditegakan Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakutas Dakwah dan Komunikasi (KPI FDK) UIN Alauddin Makassar, Dr.H.Kamaluddin Tajibu, M.Si ditemui di ruang kerjanya, Senin 21 Desember 2015 .

Langkah segera ditempuh untuk mencapai nilai tertinggi dalam akreditasi BAN-PT adalah, sembilan standar penyelanggaraan pendidikan harus dibenahi, seperti pada standar pendidik/dosenn, diupayakan semua lulusan S2, standar sarana dan prasarana termasuk adanya laboratorium.

“Standar penyelenggaraan pendidika itu akan kami benahi bersama civitas akademika kampus lainya, untuk meraih akreditasi lebih tinggi, begitu pula dengan standar evaluasi harus jelas, standar biaya, dan standar kurikulum,” tegas doktor komunikasi PPs-UNHAS ini,

Memberi daya saing alumni seperti seringkali diutarakan Dekan FDK UIN Alauddin, DR. H. Abd. Rasyid Masri, S.Ag., M.Pd., M.Si.,M.M, dalam setiap kali kesempatan yakni menjadikan alumni petarung di dunia kerja, maka
mahasiswa KPI, harus dapat menguasai 1 potensi dari 5 potensi disediakan yakni (da’i, fotografer, penulis, penyiar dan presenter). “Mereka harus dapat menguasai 1 diantara kelima hal tersebut, sehingga menjadi alumni berpotensi dan tampil jadi petarung,” kata mantan Asdir PPs- Universitas Satria Makassar ini.

Kemampuan prodi menyajikan keterampilan kepada mahasiswa, sehingga impian dan harapan ketua dan sekretaris prodi KPI dapat menjadikan KPI FDK pioner di lingkungan fakultas. “Alumni harus memiliki pegetahuan dan keterampilan mengkomunikasikan Islam dengan masyarakat, mengetahui bagaimana melakukan komunikasi dakwah yang baik dan efektif,” tegas magister komunikasi PPs-UNHAS ini.

Menjalani beberapa bulan selaku Kaprodi KPI, dia merasakan suka dan duka, tak jarang beliau mendapat kesulitan dan berbagai hambatan tetapi itu semua adalah dinamika dalam orgaisasi. Amanah yang diemban itu dijadikan pengalaman, dan berkat dukungan civitas akademika di prodi, maka visi dan misi prodi serta fakultas akan dengan mudah dapat direalisasikan dan diwujudkan.  “Mencoba menjadi pemimpin yang baik, jika tiba masanya harus menyerahakan jabatan ini, maka mungkin itulah terbaik untuk saya” ungkapnya.

Kamaruddin lahir di Bulukumba 12 September 1972. Menjalani masa kecil di tanah kelahirannya, tamat SD, SMP. Memasuki jenjang SMA ke Makassar sampai tamat dan lanjut studi S1 Ilmu Komunikasi di FISIP UNHAS 1994.
Meneruskan studi ke jenjang S2 Komunikasi PPs-UNHAS 1998, serta melanjutkan lagi ke S3 2000 di PPs- UNHAS. (*)

Laporan: Nur Anisah
Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *