Anak-anak Ngelem Dipinggiran Kanal Pampang

Ilustrasi. Anak-anak ngelem (ist)
Ilustrasi. Anak-anak ngelem (ist)

Makassar (rakyatbersatu.com) – Senin (19/10/2015) sore, sekumpulan anak-anak usia antara 8-14  tahun nampak asyik menghirup lem yang ada dalam kaleng. Aksi mereka ini dilakukan agak sembunyi di pinggiran kanal Pampang sekitar pagar kampus UMI Makassar atau mereka panjat pohon guna menghindari dari penglihatan orang banyak.

       Jenis lem yang mereka hidup itu dapat memabukkan. Hasil penelitian menunjukkan jika kurang dari 1 – 5 menit menghirup lem tersebut,  dapat memberi kenyamanan dan perasaan seperti melayang,  sama  mengkonsumsi narkoba jenis sabu-sabu.

       Kondisi anak-anak itu ternyata  setelah diusut, mereka yang menghirup lem  tersebut, selama berjam-jam dapat melakukan hal apa saja  tanpa memikirkan orang lain dan bahkan tidak sadarkan diri.

       Kenyataan sosial ini  jadi  masalah besar pemicu tindak kriminal yang sudah seharusnya di perhatikan  orang tua dan pemerintah  setempat dan aparat terkait. Hal ini sangat miris jika dibiarkan berlarut,  sebab mereka adalah generasi yang seharuhnya bermanfaat bagi daerah, bangsa maupun negara.

. ” Kami  resah dengan kenakalan anak – anak yang  sedang mabuk mengirup lem di pinggiran kanal di depan Rusunawa UMI, kami menjadi takut bepergian di sekitar daerah itu,  sebab mereka kerap menganggu bahkan tidak segan melayangkan busur’’  ujar Nurhayati mahasiswi  UMI Makassar ini.

    Beberapa warga setempat mengharapkan aparat kepolisian setempat untuk segera memantau kawasan tersebut, sebelum menimbulkan masalah serius. ” Kami berharap ada pihak yang turun tangan untuk menangani masalah ini, “tandas  Nurhayati. (husnah dardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *