APBD Parepare Tembus Rp1 Triliun

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe (ist)
Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com) – Parepare membuat sejarah baru dalam hal jumlah anggaran belanja. Mulai tahun 2016 mendatang, kota berpenduduk 139 ribu jiwa ini tercatat sebagai salah satu daerah dengan APBD tertinggi di Sulsel, yakni Rp1 triliun.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, mengatakan, berpatokan pada jumlah anggaran yang ditetapkan dalam APBD perubahan 2015, dirinya yakin target tersebut dapat tercapai.

Kepada wartawan, di Barugae kompleks Rujab Wali Kota Parepare, Taufan menjelaskan, telah menjadi komitmen dirinya untuk terus mengupayakan peningkatan sumber-sumber pembiayaan pembangunan daerah dari pendapatan yang sah.

Sekadar perbandingan, untuk  2015 tahun ini APBD Parepare mencapai Rp900 miliar lebih dari target Rp700 miliar lebih pada APBD pokok yang ditetapkan awal Januari lalu.

Jumlah ini juga termasuk prestasi mengingat tahun-tahun sebelumnya Parepare hanya mampu menyusun anggaran belanja dan pendapatannya pada kisaran Rp600-san miliar.

Peningkatan signifikan ini dipengaruhi dua hal. Pertama kemampuan Taufan mendulang Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga ratusan miliar. Kedua diperolehnya dana-dana pusat yang jumlahnya tidak sedikit.

Pada akhir tahun ini saja misalnya,Taufan berhasil menambah pundi-pundi keuangan Parepare hingga ratusan miliar dari bantuan Jakarta. Salah satunya  untuk pembangunan Rumah Sakit Tipe B Plus Pendidikan sebesar Rp41 miliar.

Kemudian revitalisasi  Pasar Senggol sebesar Rp15,9 miliar, pelebaran Jalan Jenderal Sudirman Rp30 miliar dan revitalisasi pasar Sumpang sebesar Rp22 miliar.

Kepala Bappeda Kota Parepare, Zahrial Djafar, mengatakan, rencana besaran jumlah APBD Kota Parepare tahun 2016 saat ini telah masuk dalam rancangan Kebijakan Umum Anggaran, dan prioritas platfon Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2016.

KUA PPAS ini telah  diserahkan ke Legislatif. Penyerahan dilakukan Pemkot Parepare beberapa hari ini dan diterima langsung pimpinan DPRD setempat untuk selanjutnya dicermati dan dibahas pada tingkat komisi dan badan anggaran.

Hal itu dbenarkan Wakil Ketua DPRD Parepare, Rahmat Sjam. Kepada wartawan melalui telepon selulernya, Kamis 5 November, Rahmat menyampaikan apresiasi  atas peningkatan jumlah KUA PPAS APBD 2016‎.

“Jadi, ABPD 2016 Parepare tergolong ada peningkatan, dari Rp700 M, menjadi Rp920 M. ‎Tentu ini sebuah prestasi, dan kami apresiasi,” terang Rahmat Sjam.

Menurut dia, peningkatan penambahan APBD itu tergolong signifikan‎. Bahkan politikus Partai Demokrat ini memprediksi, di APBD-Perubahan 2016 mendatang pendapatan Parepare mampu menembus, Rp1 Trilun.

“Tentu, kami menyambut baik apa yang menjadi kerja keras Pemerintah setahun ini,”ujar Rahmat Sjam.

‎Dengan begitu kata Rahmat Sjam, DPRD bakal secepatnya melakukan rapat badan musyawarah (Bamus) untuk segera melakukan pembahasan.‎

Jadwal rapat kata dia, paling lambat pekan depan setelah sejumlah agenda internal Dewan telah diselesaikan.

“Inikan kami masih disibukkan dengan agenda internal. Setelah itu kami baru menjadwalkan rapat pimpinan (Bamus), kemudian melanjutkan untuk menentukan jadwal pembahasan APBD,”ungkap Rahmat Sjam. ‎ (rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *