Aviastar Belum Ditemukan, Pencarian Dilanjutkan Besok

avistarokmiMakassar (rakyatbersatu.com) – Pencarian peswat Aviastar yang difokuskan di wilayah Palopo dan Luwupada Sabtu (3/10/2015) belum membuahkan hasil. Tim pencari yang melibatkan tiga helikopter yang melakukan pemantauan dari udara pun menhadapiu kendala cuaca yang kuran bersahabat. Di lokasi yang ditengarai menjadi titik jatuh pesawat diselimuti awal tebal sehingga menyulitkan pencarian.

Kepala Basarnas Bambang Sulistyo pun mengakui jika pada pencarian hari pertama ini, tim belum menemukan lokasi jatuhnya pesawat Aviastar. ” Tim belum menemukan lokasinya jatuhnya pesawat. Besok (minggu) pencarian akan dilanjutkan,” kata Bambang dalam konferensi persnya, Sabtu (3/10/2015).

peta lokasi pencarianMenurut Bambang ada tiga penyebab sehingga pencarian hari ini belum berhasil. Pertama medan mencarian cukup sulit karena mayoritas pegunungan. Kedua lokasinya sangat curam. Selain itu cuasa yang tidak menguntungkan karena banyak awal tebal.

Sementara Direktur Operasi dan Latihan Basarnas Brigjen TNI Ivan Ahmad Riziki Titus dalam keterangannya kepada media mengatakan pencarian hari ini dihentikan dan akan dilanjutkan besok pagi

“Pencarian untuk sementara dihentikan. Bukan karena mendung, tetapi awal tebal putih, sehingga menyulitkan pandangan ke bawah,” kata Ivan Ahmad.

Untuk pencarian hari kedua besok, Tim Basarnas akan memperluas dua titik pencarian di bagian selatan menjadi 6 sektor dengan 8 kali penerbangan (shorthing). Pesawat yang dikerahkan pun diharapkan akan bertambah agar pencarian lebih maksimal.

Sementara pencarian lewat darat pun lebih difokuskan pada lokasi yang diduga menjadi titik jatuhnya pesawat Aviastar. Pencarian darat ini melibatkan tim TNI dan Polri yang ada di Palopo, Luwu, Toraja maupun di Kabupaten Enrekang. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *