Berharap Sulbar Miliki Pengadilan Tinggi

aladinWakil Gubernur Sulbar, Aladin S Mengga, mengungkapkan rencana pemerintah Sulbar untuk membangun Pengadilan Tinggi. Selama ini Sulbar hanya punya Pengadilan Negeri. Dengan pembangunannya diharapkan penegakan hukum di provinsi ke-33 ini semakin baik.

Aladin S Mengga menyampaikan hal ini saat menerima kunjungan kerja Ketua Pengadilan Tinggi Sulselbar, Andi Suryadarma Belo, Rabu malam 18 Desember di salah satu hotel di Mamuju. Dalam kesempatan tersebut disampaikan jika pemerintah Sulbar akan menyediakan fasilitas penunjang demi merealisasikan rencana ini.

“Kami mengharapkan pembangunan pengadilan tinggi di Sulbar. Untuk lahannya akan kami siapkan,” ujar Aladin S Mengga.

Namun demikian, pembangunannya masih dalam tahap rencana. Belum ada langkah nyata yang dilakukan pemerintah. Olehnya, demi merealisasikannya, Aladin S Mengga meminta petunjuk langsung dari Pengadilan Tinggi Sulselbar.

Ketua Pengadilan Tinggi Sulselbar, Andi Suryadarma Belo, mengatakan untuk pengadilan tinggi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yakni adanya pemekaran wilayah setingkat provinsi. Selanjutnya telah dibentuk aparat hukum lainnya (Kejati dan Polda), dan adanya usulan dari pengadilan tinggi asal dengan dukungan pemerintah daerah setempat.

Dalam hal ini syarat pertama telah dipenuhi, dimana Sulbar telah memisahkan diri dengan Sulsel dan telah berlangsung sembilan tahun. Namun untuk syarat kedua, Sulbar tidak memenuhinya. Saat ini belum ada Polda di Sulbar. “Pada pembentukan di Maluku Utara, di sana juga belum ada Polda dan Kejati di sana. Tapi saya belum tahu hasilnya,” ujar Suryadarma.

Itu artinya Sulbar juga memiliki peluang yang sama. Apalagi untuk syarat yang ketiga Sulbar telah menyatakan dukungan serius terhadap rencana ini. Gayung bersambut, pun demikian dengan pihak Pengadilan Tinggi Sulselbar. “Kalau saya sendiri sangat berharap agar pengadilan tinggi terbentuk di Sulbar. Tapi lebih bagus lagi kalau ada penegak hukum lainnya seperti Polda,” terangnya. (sumber Fajar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *