Berkat Komitmen Besar Taufan Pawe

Sekretaris Daerah Kota Parepare, Mustafa Mappangara memimpin Rapat Adipura (ist)
Sekretaris Daerah Kota Parepare, Mustafa Mappangara memimpin Rapat Adipura (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com) – Kota Parepare kembali mengukuhkan diri sebagai kota terbersih dan peduli lingkungan hidup di Indonesia. Di bawah kepemimpinan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe,  Parepare sukses menobatkan diri sebagai kota peraih Piala Adipura 2015 untuk kesepuluh kalinya.

Sekretaris Daerah Kota Parepare, Mustafa Mappangara, mengatakan, tak banyak kota atau daerah di Indonesia yang mampu meraih Piala Adipura hingga sepuluh kali sebagaimana diraih Kota Parepare.

Menurut Mustafa, komitmen dan tekad  yang besar dari Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe untuk meraih  Piala Adipura sangat besar. Tekad ini tak hanya diomongkan oleh Taufan, namun juga diteladankan melalui program Jumat Peduli setiap minggunya.

Seperti tak pernah lelah, Taufan terus  merondai SKPD –nya di daerah-daerah binaan mereka pada setiap kegiatan Jumat peduli. Sikap serupa juga ditunjukkan Taufan kepada masyarakat. Dalam setiap kesempatan, ia selalu menekankan pentingnya masyarakat menerapkan pola hidup bersih dabn sehat.

Adipura kata Mustafa sesungguhnya bukan sekadar piala. Ia lambang keberhasilan dan kebanggaan. Karena itu, banyak daerah yang berlomba dan berpacu mendapatkannya, namun hanya sedikit yang beruntung memperoleh lambang supremasi tertinggi nasional di bidang lingkungan hidup ini.

 Selain itu, Piala Adipura merupakan penghargaan paling bergensi dari semua penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah kabupaten/kota di Indonesia.  Anugerah tersebut merupakan satu-satunya penghargaan yang diserahkan langsung Presiden atau Wakil Presiden.

Tahun ini tercatat ada sekitar 65 kabupaten kota di Indonesia yang memperoleh penghargaan ini. Bandingkan dengan tahun 2013 dan 2012 yang mencapai 130 kabupaten/kota yang mendapatkan anugerah ini. “Tahun ini seleksinya sangat ketat,” kata Mustafa.

Mustafa mengakui, keberhasilan Kota Parepare meraih sealigus mempertahankan predikat sebagai Kota Adipura di Indonesia  tahun ini, merupakan hasil perjuangan dan kerjasama serta partisipasi semua komponen masyarakat Parepare.

“Ini tentu tidak terlepas dari adanya kebersamaan diantara seluruh komponen masyarakat Parepare yang kita harapkan akan semakin tumbuh dan berkembang sejalan dengan upaya kita semua untuk terus melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan dan pemerintahan yang telah kita programkan,” tegasnya.(a.rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *