Besok, Puasa Pertama Ramadhan 1436 H

ramdanMakassar RBC. Dua ormas besar keagamaan Indonesia yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah serta pemerintah sepakat menyatakan puasa Ramadhan 1436 H dimulai Kamis (18/6). Dan itu artinya sholat Tarwih pertama di mulai Rabu (17/6) malam ini.Keputusan tersebut diambil dalam sidang Itsbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin, Selasa (16/6)

“Alhamdulillah, puasa kali ini bisa dilakukan serentak, secara bersama-sama. Ini adalah cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia. Semoga kebersamaan dan kekompakan ini bisa terus dibangun dari waktu ke waktu,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Sidang itsbat yang dihadiri Ketua Umum MUI sekaligus Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Wakil Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin, dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin, Menag Lukman Hakim mengatakan, berdasar paparan pakar astronomi sebelum sidang isbat dimulai, hilal atau bulan muda berada di posisi minus. Hilal tenggelam lebih dulu daripada matahari. Dengan demikian, di seluruh wilayah Indonesia, bahkan di seluruh belahan dunia lainnya, hilal tidak bisa diamati.. Bahkan seluruh titik pantau menyatakan tidak melihat hilal.

“Dengan demikian, diputuskan jumlah hari pada bulan Syakban disempurnakan (diistikmalkan) menjadi 30 hari. Karena itu, pemerintah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015, tutur Menag.

Sementara itu, jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar, sudah memulai puasa pada Selasa kemarin. Dasarnya adalah metode hisab munjid. Menurut pemimpin mereka, Mursyid Syafri Malin Mudo, metode hisab munjid adalah menghitung hari puasa berdasarkan almanak tahunan.Mursid mengaku kurang bisa memercayai hasil rukyatul hilal karena diperlukan saksi sebanyak empat ulama yang adil. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *