BNNP Sulsel Gencarkan Razia Narkoba

Petugas BNN memeriksa air seni mereka yang terjaring razia narkoba (ist)
Petugas BNN memeriksa air seni mereka yang terjaring razia narkoba (ist)

Makassar (rakyatbersatu.com)- Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan kembali menggencarkan razia narkoba di sejumlah tempat hiburan malam di Makassar. Selain itu BNNP juga ‘ menyatroni’ rumah-rumah kost yang ditengarai sebagai lokasi pesta narkoba.

Dari operasi bertajuk Sulsel Bersinar 2015, Senin (28/9/2015) BNN Sulsel berhasil menjaring 16 pengguna narkoba di tiga tempat berbeda di Makassar. Di rumah kos Jalan Mapala, BNN menjaring 5 pengguna narkoba, dua diantaranya wanita. Kemudian di Jalan Bonto Duri, terjaring 11 pengguna, lima diantaranya wanita.

Petugas BNN dalam operasi ini mengamankan barang bukti berupa satu paket sabu di salah satu saku celana penghuni kos di Jalan Bontoduri Raya. Identitas pemuda tersebut belum diungkap untuk alasan pengembangan kasus.

Hal ini juga dibenarkan Kabis Pencegahan BNN Sulsel Rosna Tombo. “Iya, ada tadi ditemukan satu sachet sabu di salah satu kantong penghuni kos di Jalan Bontoduri Raya. Masih akan diperiksa lebih lanjut di kantor BNNP Sulsel,” kata Rosna.

Ditempat yang sama, petugas juga menemukan barang bukti berupa obat daftar G, somadril, puluhan sachet tempat sabu bekas pakai dan alat isap di tempat sampah.

Dibagian lain Rosna Tombo mengatakan bahwa sejak Operasi Sulsel Bersinar digelar Maret 2015 lalu, BNN Sulsel sudah menjaring seribu lebih pengguna narkoba dan barang buktinya.Para pengguna narkoba menjalani pemeriksaan di BNNP Sulsel. Jika pengguna dinyatakan parah, mereka akan dikirim ke panti rehabilitasi. Sedangkan yang tidak parah dikenakan wajib lapor. ” Mereka akan dipantau perkembangannya sampai sembuh total, ” sebut Rosna Tombo.

BNNP Sulsel optimis bisa menjaring sekira 2.600 pengguna narkoba di Sulsel dari target nasional 100.000 pengguna. Dan untuk memaksimalnya capaian terget tersebut, selaian melakukan razia, BNNP juga sangat berharap peran masyarakat untuk datang melapor ke Kantor BNNP Sulsel bila mengetahui ada pengguna narkoba di sekitarnya ataupun keluarganya.

“Kami akan merehabilitasi mereka secara tuntas. Sedangak bagi pengguna narkoba yang memiliki barang bukti akan diproses secara pidana sesuai undang-undanfg narkotika, “tandas Rosna Toimbo.

Ia mengaku, BNNP Sulsel ditargetkan menjaring 2.600 pengguna narkoba di Sulsel dari target 100.000 nasional. “Selain dirazia, masyarakat bisa datang melapor di Kantor BNNP Sulsel agar segera diobati,” jelasnya.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *