Buruan, Beasiswa Belanda Terbuka Hingga Februari 2016

beasiswaParepare (rakyatbersatu.com)– Kabar gembira bagi masyarakat Parepare. Setelah peluang bekerja di perusahaan internasional dan ternama Gakken Group Jepang, kini masyarakat kota ini kembali mendapatkan peluang baru, yakni mengikuti program magang di Negeri Belanda tanpa biaya alias gratis.

Kesempatan emas ini diberikan Lembaga Talent For Governance Scholarship Belanda yang membuka program Short Course (kursus singkat) ke negeri kincir angin itu pada tahun 2016. Pendaftaran beasiswa dilakukan secara online dan terbuka hingga tanggal 29 Januari 2016.

Persyaratan utamanya tentu harus bisa berbahasa Inggris aktif dan memiliki kemauan kuat untuk ikut program. Talent For Governance Scholarship memberikan beasiswa penuh, meliputi living cost, uang saku, biaya perjalanan internasional dan lokal, serta biaya program.

Masyarakat Parepare juga tak perlu berkecil hati karena salah satu warganya telah merasakan langsung manfaat program ini. Dia adalah Tuhriyah, PNS Kantor Ketahanan Pangan Kota Parepare, yang berhasil menginjak Negeri Belanda dari beasiswa Talent For Governance Scholarship.

Selama satu bulan lebih di Negeri Belanda, kata Tuhriyah, dirinya banyak hal yang dipelajari. Selain materi dalam kelas, mereka juga banyak diperkenalkan dengan organisasi yang konsen pada peningkatan partisipasi masyarakat di pemerintahan.

“Pengalaman yang luar biasa. Kami bertemu dengan peserta dari berbagai negara. Ada pegawai seperti saya, tapi ada juga pejabat penting di negerinya. Seperti yang dari Gana, dia adalah Ketua MPR kalau di Indonesia,” kata Tuhriyah.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa ini cukup sederhana. Selain dapat berbicara dan mengerti bahasa Inggris, bagi PNS wajib memiliki masa kerja minimal dua tahun, menulis karya tulis berisi motivasi diri, serta membuat actin plan selama berada di Belanda.

“Terakhir adalah mengantongi rekomendasi kepala daerah dalam hal ini Walikota Parepare. Sangat gampang, dan saya harap teman-teman PNS lain juga bisa mengikuti program yang luar biasa ini,” kata Tuhriyah di Kantor Wali Kota Parepare beberapa hari lalu.

Jebolan Magister Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar ini mengatakan, bagi masyarakat atau PNS yang tertarik mengambil program ini dapat menghubungi alamat website http://thehagueacademy.com.

Disitus ini tidak hanya dijelaskan persyaratan yang harus dipenuhi, tetapi juga ada panduan pengisian aplikasi secara online. “Kalau dinayatakan lolos administrasi, nanti ada wawancara via telepon oleh Lembaga Talent For Governance,” kata Tuhriyah.(a.rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *