Camat Batalaiworu Ingatkan Masyarakat Tentang Kualitas Hidup Beragama

Camat Batalaiworu, Amrin Fiini,SE
Camat Batalaiworu, Amrin Fiini,SE

Raha, RBC – Setiap orang menginginkan keselamatan baik dalam hidup sekarang ini maupun di akhirat kelak. Garansi keselamatan ini hanya dapat ditemukan melalui pengamalan ajaran agama yang baik dan benar. Agama membantu manusia untuk mengenal Tuhan dan dirinya dalam pencapaian kualitas hidup dan kehidupannya. “Karena agama itu berperan membantu manusia sehingga dapat berkomunikasi dengan Tuhan, dapat memperoleh apa yang ia inginkan, yakni kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat.”

Demikian antara lain isi ceramah tarwih dalam rangka Safari Ramadhan Camat Batalaiworu, Amrin Fiini,SE di hadapan ratusan jama’ah Masjid Al-Muhajirin Laino Pantai, Raha, Selasa malam lalu (30/6). “Agama memiliki peran fungsional dan signifikan dalam mengatur kehidupan ummat manusia sebagai individu maupun masyarakat, agar manusia mencapai kualitas hidup yang paripurna, karenanya agama merupakan nilai tertinggi sebagai pedoman hidup,” ungkap Amrin.

Dalam memandang nilai, katanya, dapat kita lihat dari dua sudut pandang. Pertama, nilai  agama dilihat dari sudut intelektual yang menjadikan nilai agama sebagai norma  atau prinsip. Kedua, nilai agama dirasakan di sudut pandang emosional yang menyebabkan adanya sebuah dorongan rasa dalam diri yang disebut mistisisme.

Dua hal ini, kata dia, tidak dapat dipisahkan atau pun direduksi sekalipun, dengan alasan apa pun. Umat beragama mesti taat dan konsisten menjalankan perintah Tuhan, ajaran-ajaran para Nabi dan Rasul Tuhan serta Ulil Amri atau pemimpin yang adil.

Amrin Fiini juga mengajak Lembaga-lembaga keagamaan perlu mengupayakan untuk membina umat dan warga di bangsa ini dalam rangka meningkatkan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Umat yang taat akan melahirkan manusia-manusia yang baik dan beriman sehingga tercipta warga negara yang tahu hak dan kewajibannya baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial.

Keberadaan lembaga-lembaga keagamaan memberikan rasa aman bagi setiap warga negara dan umat beragama agar dapat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa tanpa diliputi rasa ketakutan kepada pihak lain. Setiap umat beragama dapat selalu meningkatkan dan mengembangkan diri dalam mempelajari dan memahami serta melaksanakan agama yang dianutnya dalam rangka meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta meningkatkan kerjasama untuk partisipasinya dalam pembangunan dan membudayakan sikap toleransi diantara sesama penganut ummat beragama di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, tegasnya.

Ikut hadir dalam Safari tersebut, Ketua Umum Pengurus Cabang NU Kab. Muna, La Pata Abduh,S.Pd,M.Pd, Kapolsek Katobu, AKP.Muh. Ogen Sairi,SH, Babinkantibmas Laiworu, Briptu Fajar, Sekcam Batalaiworu, La Ode Ntero,S.Ag, Tokoh pemuda Kab. Muna La Ode Hadasi,SE dan sejumlah elemen masyarakat di Kec. Batalaiworu. (Syukur La Ode Abdul) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *