Capres Joko Widodo-H.M. Jusuf Kalla Unggul di Kec. Buki

Salah seorang warga Kec. Buki Selayar usai mencoblos (ist)
Salah seorang warga Kec. Buki Selayar usai mencoblos (ist)

Selayar.– Pesta demokrasi pemilihan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2014-2018 telah berlangsung serentak di seluruh pelosok negeri pada hari Rabu, (9/7) satu pekan kemarin.

Suasana yang sama  mewarnai sejumlah TPS di wilayah Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan termasuk salah satu diantaranya, Dusun Pa’batteang, Desa Lalang Bata.
Pemungutan suara di TPS 01 Dusun Pa’batteang yang dipusatkan di lingkungan Bolakang, dibuka secara resmi oleh panitia pemungutan suara pada pukul 07.30 Wita. Proses  pemungutan suara berlangsung tertib dibawah pengamanan super ketat aparat kepolisian gabungan dari Mako Polres Kepulauan Selayar dan Polsek Bontomate’ne serta personil hansip yang ditugaskan di TPS tersebut.
Pemilu presiden kali ini, tampak cukup menyita perhatian rakyat Indonesia termasuk dari para wajib pilih di Dusun Pa’batteang yang dengan penuh kesadaran hati datang berbondong-bondong ke lokasi TPS untuk menyalurkan hak pilih mereka masing-masing.
Fakta ini cukup dibuktikan oleh kian rendahnya angka golput yang disertai dengan semakin besarnya tingkat partisipasi warga masyarakat wajib pilih untuk menggunakan hak suaranya dalam penyelenggaraan hajatan politik lima tahunan di negeri ini.
Data yang dirilis panitia penyelenggara pemungutan suara menunjukkan bahwa dari seratus delapan puluh tiga orang jumlah pemilih, seratus empat puluh tiga diantaranya tercatat datang dan menggunakan hak pilihnya sebagai seorang warga negara.
Sementara empat puluh orang lainnya berhalangan hadir dan tidak sempat menyalurkan suaranya ke tempat pemungutan suara yang telah dipersiapkan oleh petugas PPS.
Berdasarkan hasil perhitungan surat suara, pasangan Ir. H. Joko Widodo-Drs. H.M. Jusuf Kalla menang mutlak dan berhasil memperoleh 91 suara. Sedangkan pasangan H. Prabowo Subianto-Ir. H.M. Hatta Rajasa hanya meraup 49 suara. Selebihnya, 3 surat suara dinyatakan batal.
Khusus di wilayah Desa Lalang Bata, Pasangan Ir. H. Joko Widodo-Drs. H.M. Jusuf Kalla unggul dengan total peraihan 331 suara dari 595 orang jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya di empat TPS. Sisanya, sebanyak 259 suara diraih oleh pasangan H. Prabowo Subianto-Ir. H.M. Hatta Rajasa. Adapun total suara batal di Desa Lalang Bata, sebanyak 5 lembar . 
Pasangan H. Prabowo Subianto-Ir. H.M. Hatta Rajasa, hanya terlihat unggul di empat lokasi TPS di wilayah Kecamatan Buki yakni TPS 02 Desa Lalang Bata,  TPS 3 Desa Buki Timur, TPS 1 Desa Mekar Indah dan TPS 2 Desa Balang Butung.
Di keempat TPS tersebut, pasangan H. Prabowo Subianto-Ir. H. M. Hatta Rajasa unggul dengan perolehan masing-masing sebanyak 124 suara di TPS 02 Desa Buki,  99 suara di TPS 3 Desa Buki Timur, 127 suara di TPS 1 Desa Mekar Indah dan 84 suara di TPS 2 Desa Balang Butung.
Selebihnya, pasangan Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H.M Jusuf Kalla menang mutlak dengan total perolehan suara sebanyak 2092 suara. Sementara itu sisanya, diraih oleh pasangan H. Prabowo Subianto-Ir. H.M. Hatta Rajasa sebanyak 1647 suara.
Angka ini diperoleh dari jumlah 3.329 pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada 21 lokasi TPS di Kecamatan Buki dengan total suara sah sebanyak 3.739. sedangkan suara batal sebanyak 41 lembar. (fadly syarif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *