D-Mobile, Danamon Mobile Banking Hadir di Makassar

Menjadi Sahabat Baru dan Siap Membantu Layanan Perbankan Setiap Saat

kiri ke kanan): Parnguh M. Saragih (Regional Corporate Officer), Sonny Wahyubrata (Retail Banking Head), Michellina Triwardhany (Consumer Banking Director), dan Dalman Mangiri (Regional Counsumer Head) pada saat memperkenalkan D-Mobile, aplikasi teranyar dan inovatif di Makassar, 24 November 2014.
kiri ke kanan): Parnguh M. Saragih (Regional Corporate Officer), Sonny Wahyubrata (Retail Banking Head), Michellina Triwardhany (Consumer Banking Director), dan Dalman Mangiri (Regional Counsumer Head) pada saat memperkenalkan D-Mobile, aplikasi teranyar dan inovatif di Makassar, 24 November 2014.

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) telah meluncurkan aplikasi mobile banking bernama D-Mobile (Danamon Mobile Banking) pada Senin, 17 November 2014 lalu di Jakarta. Untuk semakin mendekatkan aplikasi D-Mobile kepada para nasabah Danamon di seluruh Indonesia pada hari Senin, 24 November 2014, Danamon memperkenalkan aplikasi terbarunya ini kepada masyarakat Makassar. Sebagai salah satu kota terbesar ketiga di Indonesia yang terus berkembang ditambah dengan semakin meningkatnya pengguna smartphone, membuat Makassar menjadi salah satu kota yang sangat potensial bagi penggunaan aplikasi D-Mobile.

Aplikasi D-Mobile merupakan aplikasi terbaru dari Danamon yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi perbankan melalui smartphone yang terhubung dengan jaringan data (GPRS/3G, EVDO-CDMA, WiFi). D-Mobile dapat digunakan pada platform/OS tipe iOS, Android dan Blackberry. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis melalui Apple App Store (iPhone), Google Play Store (Android phone) dan Blackberry App World (Blackberry). Prosedur yang terdapat pada aplikasi D-Mobile membuat transaksi keuangan pengguna aplikasi ini terjamin keamanannya dengan penggunaan User ID dan Password untuk dapatlog-in / akses ke dalam menu transaksi. Selain itu, aplikasi D-Mobile juga menggunakan mPIN untuk otorisasi setiap transaksi yang dilakukan serta adanya notifikasi transaksi yang tersimpan di inbox dan juga dikirimkan ke email nasabah.

 “Dengan hadirnya D-Mobile di kota Makassar, kami berharap Danamon menjadi semakin dekat dengan para nasabahnya. Kami yakin dengan fitur-fitur yang inovatif ini, D-Mobile akan menjadi Sahabat Baru bagi masyarakat Makassar dalam memilih jenis layanan perbankan dengan ikut merasakan perkembangan teknologi informasi melalui smartphone. Ini merupakan komitmen Danamon untuk selalu memberikan yang terbaik kepada para nasabah.” ujar Michellina Triwardhany selaku Consumer Banking Director Danamon pada saat ditemui di media di Makassar.

Selain dapat melakukan transaksi perbankan seperti transfer dana, informasi saldo, isi ulang pulsa, dan pembayaran tagihan, D-Mobile menghadirkan inovasi baru yaitu fitur SosMed D-Cash dan Augmented Reality. SosMed D-Cash merupakan fitur layanan perbankan yang pertama kali hadir di Indonesia. Melalui fitur SosMed D-Cash ini, pengguna D-Mobile dapat memberikan dana kepada teman melalui jaringan media sosial Facebook. Transaksi dilakukan dengan cara membuka aplikasi D-Mobile, pilih menu “Pembayaran” dan “SosMed D-Cash”, dilanjutkan dengan log-in ke dalam Facebook dan memilih teman Facebook yang akan menjadi penerima dana. Setelah itu, pilih “Nominal” dengan memasukkan nilai dana yang akan diberikan, kemudian pengguna akan diminta untuk membuat passcode dan memasukkan nomor ponsel penerima dana. Notifikasi atas SosMed D-Cash akan terunggah padaprivate wall Facebook; dan hanya dapat dilihat serta dibaca oleh pemberi dana dan penerima dana. Passcode tersebut akan diberikan kepada teman Facebook yang menjadi penerima dana secara terpisah dengan cara dikomunikasikan langsung. Passcode ini menjadi salah satu data yang akan digunakan oleh teman Facebook untuk mengambil dana di ATM Danamon yang memiliki tanda layanan D-Cash.

Keunggulan dari fitur ini adalah teman Facebook tidak perlu memiliki rekening Danamon atau rekening perbankan lainnya, cukup dengan mengakses fitur Collect Money pada D-Mobile dengan memasukkan ID Facebook dan sejumlah data yang diminta seperti nomor handphone, passcode, nomor Ref ID dan nominal; kemudian penerima dapat pergi ke ATM Danamon terdekat yang memiliki tanda layanan D-Cash.  Fitur inovatif D-Mobile ini juga telah dilengkapi dengan sistem pengamanan sehingga transaksi melalui jaringan media sosial dapat dilakukan dengan aman. Saat ini sebanyak 1.280 ATM Danamon yang bertanda D-Cash di seluruh Indonesia telah siap untuk mendukung proses transaksi melalui fitur SosMed D-Cash. Sementara itu, untuk Danamon di kota Makassar terdapat sebanyak 46 ATM Danamon yang bertanda D-Cash.

Sonny Wahyubrata, Head of Retail Banking mengatakan, “D-Mobile merupakan aplikasi mobile banking yang unik dan berbeda dari aplikasi-aplikasi layanan perbankan pada umumnya. Dengan titur-fitur terbaru seperti SosMed D-Cash dan Augmented Realityyang mengikuti perkembangan teknologi diharapkan dapat memenuhi permintaan kebutuhan konsumen sehingga dapat digunakan dimana saja dan kapan saja dengan hasil yang dapat dirasakan secara cepat dan nyaman. Layanan D-Mobile merupakan salah satu langkah Danamon dalam menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai untuk terciptanya less cash society.”

Inovasi D-Mobile lainnya adalah fitur Augmented Reality yang ditujukan untuk memanjakan nasabah dan pengguna kartu kredit Danamon yang memiliki hobi berbelanja atau wisata kuliner. Fitur ini menampilkan informasi mengenai promo-promo dari Danamon yang bekerja sama dengan sejumlah toko merek-merek tertentu ataupun promo di restoran-restoran yang berada di radius 5 KM dari pengguna D-Mobile. Selain itu, fitur Augmented Reality juga ditujukan bagi nasabah yang ingin mengetahui lokasi ATM dan cabang Danamon terdekat. Adapun proses pencariannya melalui proses pemindaian (scanning) dengan menggunakan kamera smartphone.


Danamon Raih Berbagai Penghargaan

Danamon belum lama ini meraih penghargaan Best Domestic Provider of FX Services, Best Domestic Provider for FX Products and Services, Best Domestic Provider for FX Options, dan Best Domestic Provider for FX Research and Market Coverage dari Asiamoney Foreign Exchange (FX) Poll 2014.

Danamon juga meraih Indonesia Wow Brand Award 2014 sebagai Silver Champion kategori Industri Perbankan untuk produk Mortgage. Dalam ajang internasional, Danamon masuk dalam daftar Forbes Global 2000 edisi tahun 2014, yang merupakan daftar perusahaan terbuka terbesar di dunia versi Majalah Forbes.

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. didirikan pada tahun 1956 dan sampai dengan 30 September 2014 memiliki jaringan sekitar 2.440 terdiri dari antara lain kantor cabang konvensional, unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Danamon memberikan kepada nasabahnya akses ke hampir 60.000 ATM, termasuk melalui kerjasama dengan ATM Bersama dan ALTO di 33 provinsi di Indonesia. Danamon mengelola aset sebesar Rp 194,4 triliun sampai dengan akhir September 2014.

Danamon adalah penerbit tunggal kartu Manchester United dengan kartu Debit/ATM dan kartu kredit Manchester United.

 PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) adalah anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan memiliki jaringan kantor cabang yang luas di lebih dari 260 kota di Indonesia. Danamon juga adalah pemegang saham mayoritas PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), suatu perusahaan asuransi umum, dan PT Adira Quantum Multifinance (Adira Kredit), suatu perusahaan pembiayaan perabotan dan alat rumah tangga.

 Pada tanggal 30 September 2014 sebesar 67,37% saham-saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. dan 26,10 % dimiliki oleh publik serta 6,53% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investment Funds. (uka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *