Dana Desa Berpotensi Diselewengkan, BPK Siap Audit

bpk-riBogor (rakyatbersatu.com) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI mengincar dana desa untuk diaudit penyalurannya. Rencananya, audit keuangan dana desa akan dilakukan mulai 2016.

“Dana desa 21 triliun rupiah berpotensi diselewengkan karena itu BPK akan melakukan audit keuangannya tahun depan karena tahun ini baru dilaksanakan,” kata Ketua BPK Harry Azhar Asis dalam media workshop BPK RI di Bogor, Senin (12/10/2015).

Mengingat ada 72 ribu desa yang mendapatkan dana desa, BPK tidak akan mengaudit per desa atau per kabupaten/kota. Sebab, auditor BPK sangat terbatas.

“Rencananya kami akan melakukan audit per provinsi. Jadi seluruh data dipusatkan di provinsi dan akan diaudit auditor kami,” terangnya.

Mantan pimpinan Komisi XI DPR RI, BPK RI belum melihat dari aspek menyejahterakan masyarakat. Karena gambarannya akan kelihat setahun kemudian. “Paling utama, BPK sudah punya niat melakukan audit keuangan dana desa. Karena itu seluruh instansi penyalur harus menjaga akuntabilitas keuangannya,” tandasnya. (yd/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *