Danny Pomanto Tercepat Meraih Piala Adipura

Walikota Makassar dan Gubernur Sulsel dan piala Adipura
Walikota Makassar dan Gubernur Sulsel dan piala Adipura

Makassar, Rakyatbersatu.com – Danny Pomanto mengungkapkan, di antara 60-an walikota yang kotanya masuk penilaian Tim Penilai Adipura, dirinya merupakan walikota tercepat dalam periodenya meraih Piala Adipura. “Sebab baru setahun lebih Saya dilantik menjadi Walikota bersama Deng Ical sebagai Wakil Walikota Makassar. Walikota yang lain minimal setelah tahun ketiga menjalani masa jabatannya – bahkan ada yang sudah hampir habis masa jabatan periode keduanya – baru dapat Piala Adipura,” demikian ungkapan  walikota kata pengantarnya – sesaat setelah menyerahkan Piala Adipura kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Pangdam VII/Wirabuana, anggota Muspida, Sekda Kota Makassar dan sejumlah pejabat Provinsi Sulsel dan Pemkot Makassar, Selasa, 24 November 2015.

Walikota Makassar yang bernama lengkap Ir. Moh. Ramdhan Pomanto, juga mengaku surprise, karena dia tidak pernah menyangka Kota Makassar mendapat Piala Adipura. “Pada mulanya kita membuat program agar Kota Makassar benar-benar bersih dalam rangka menuju Makassar sebagai Kota Dunia,” katanya.

pialaMenurut walikota, salah satu persyaratan untuk menjadi kota dunia, Makassar harus nyaman bagi semua orang yang datang di kota ini. “Karena tidak mungkin kita merasa nyaman kalau tidak bersih, sampah ada di mana-mana, maka kita buat program Gerakan MTR,” MTR yang dimaksud ialah singkatan dari Makassarta tidak Rantasa, dialek bahasa Makassar yang artinya; Makassar milik kita tidak kotor dan semrawut.

Termasuk juga kepada pihak-pihak yang kerap mengkritik kebijakan Pemerintah Kota dalam melaksanakan berbagai program, dalam rangka menciptakan kota Makassar dua kali tambah baik.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak, terutama kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi membantu pemerintah melakukan pembenahan dan menjaga kota ini tetap bersih. Tak lupa juga terima kasih kepada pihak yang suka mengkritik kami dalam program kerja, karena justru itulah yang jadi cambuk dan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi,”ujar Danny, Senin, (23/11/2015).

Danny mengaku, penghargaan Adipura yang diraih adalah buah perjuangan dari semua pihak, masyarakat serta stekholder lainnya. Petugas kebersihan, Lurah dan Camat menjadi ujung tombaknya. “Karena itu saya mengucapkan terima kasih untuk kita semua,” katanya.

Danny bahkan berterimakasih pula kepada pihak yang mengeritik program-program yang dibuat Pemkot Makassar untuk menjadikan Makassar dua kali tambah baik, seperti;  MTR, Makassar Sombere, Mabello, Bank Sampah dan program lainnya yang – menurut mereka – tidak akan berjalan efektif dan hanya sebatas slogan. “Penghargaan Adipura yang kita raih juga merupakan andil dari kritikan-kritikan yang dilontarkan. Untuk pihak yang biasa hina-hina kita, Saya ucapkan terima kasih. Bagi saya, kritikan itu membuat kita untuk selalu menjaga diri,” ucap Danny dengan semangat.

Giliran Gubernur Sulsel tampil memberikan sambutan, Syahrul Yasin Limpo secara terbuka memberikan pujian kepada Danny Pomanto karena dalam waktu singkat sudah membuktikan diri sebagai Walikota Makassar yang berhasil meraih kesuksesan. “Inilah hasil kerja Pak Danny. Walikota Makassar telah menunjukkan bukti bahwa Kota Makassar tidak kalah dengan Bandung, Surabaya dan kota-kota besar lainnya,” kata gubernur dengan wajah ceria dan bersemangat meskipun beberapa saat lalu, dia baru saja turun dari helikopter setelah melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Barru untuk mengecek kondisi terkini pembangunan jalan kereta api yang diresmikan Presiden Jokowi, Rabu hari ini.

Kemenangan Kota Makassar memenangi Piala Adipura disambut gembira warga kota di sepanjang jalan dari bandar menuju ke rujab gubernur yang jaraknya kira-kira 15 kilometer. Perjalanan ini sekaligus dijadikan rute  yang dilalui oleh arak-arakan tersebut yakni,Jl Bandara Hasanuddin, Jl Perintis Kemerdekaan, Jl Urip Sumiharjo, Jl Ap Pettarani, jl Kaka Tua, Jl ratulangi, jl Kumala, jl Andi Tondro, jl Sultan Aluaddin, Jl Gagak, Jl rajawali.

Selanjutnya, Jl Penghibur, Rujab Walikota, jl Pasar Ikan, jlStando, jl Nusantara baru, jl ujung Pandang, jl Yos Sudarso, jl cakalang, Jl tinumbu, Jl Sunu, jl Mesjid raya, jl kareboisi, jl Sudirman, dan jl Bawakaraeng.

Sesuai catatan media ini, selama ini Kota Makassar baru tiga kali sukses memperoleh penghargaan Piala Adipura. Pertama, pada tahun ketiga masa Malik B Masry jadi Walikota Makassar, kedua masa walikota Ilham Arief Surajuddin pada periode keduanya. Dan, ketiga  sekarang Danny sebagai walikota baru setahun lebih. (uka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *