Dekan FISIP UNSA Raih Doktor di Unhas

Dr.Dety Yunita Sulanjari, M.Si
Dr.Dety Yunita Sulanjari, M.Si

Makassar (rakyatbersatu.com) – Dosen Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar bergelar doktor bertambah lagi satu orang. Dekan FISIP UNSA Dety Yunita Sulanjari, S.Sos, M.Si, Selasa 19 Januari 2016 berhasil mempertahankan disertasinya dalam rapat senat terbuka luar biasa  di gelar PPs-UNHAS, dipimpin, Dekan FISIP UNHAS, Prof.Dr.Alimuddin Unde, M.Si di aula Prof.Dr.Syukur Abdullah.

         Dety meraih gelar doktor administrasi publik dengan nilai sangat memuaskan. Dia menulis disertasi dengan judul, Perilaku Birokrat Dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah di Kantor Pemerintahan Kota Makassar.

Penulisan disertasi dibimbing Promotor, Prof.Dr.Haselman, M.Si dengan Kopromotor, Prof.Dr.H.Hamka Naping, MA dan Dr.Suryadi Lambali, MA. Tampil selaku penguji eksternal, Dr.H.Mukhlis, M.Si; penguji lainnya, Prof.Dr.H.Sulaeman Asang, MS; Dr.H.Baharuddin, M.Si; Dr.H.Badu Ahmad, M.Si.

Dr. Dety bersama promotor, dosen penguji dan Rektor UNSA Prof.Dr.A.Melantik Rompegading, SH,MH
Dr. Dety bersama promotor, dosen penguji dan Rektor UNSA Prof.Dr.A.Melantik Rompegading, SH,MH

Turut hadir dalam ujian promosi ini, Ketua Yayasan Perguruan UNSA, Drs.Lagaligo Syahadat, Rektor UNSA, Prof.Dr.Hj.A.Siti Melantik Rompegading, SH, MH, Wakil Rektor III UNSA, Dr.Amran Syahruddin, SH, MH, MM; Mantan Rektor Universitas Sulawesi Tenggara Kendari, Dr.Joko Tri Brata, M.Si serta para civitas akademika UNSA   

        Salah satu simpulan dari disertasinya bahwa hubungan atasan dan bawahan merupakan suatu bentuk model representative bureuctratic yang merupakan hubungan saling ketergantungan antara atasan dengan bawahan dan monitoring antara masing-masing SKPD dengan BKD.

Dr.Dety bersama Rektor UNSA Dr.Melantk Rompegading, (ketiga dari kiri) dan para dosen perempuan UNSA.
Dr.Dety bersama Rektor UNSA Dr.Melantk Rompegading, (ketiga dari kiri) dan para dosen perempuan UNSA.

Birokrat lebih cenderung bergantung pada hubungan atasan dan bawahan sehingga perilaku birokrat tersebut lebih dipengaruhi oleh sikap atasan dalam mengatur pegawainya. Terjadi peningkatan disiplin bagi pegawai dalam menerapkan peraturan dan sanksi bagi pegawai yang melanggar dan penghargaan bagi yang berprestasi.

      Dety lahir di Banjarmasin 17 Juni 1971. Alumni SMAN 2 Makassar. Sarjana Komunikasi Unhas 1994; magister administrasi pembangunan 2004. Mantan Ketua Prodi Ilmu Administrasi Fisip Unsa. (yaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *