Didesak Mundur, Setya Novanto Dibela KMP

Ketua DPR RI, Setya Novanto (int)
Ketua DPR RI, Setya Novanto (int)

Jakarta (rakyatbersatu.com) – Setya Novanto mendapat amunisi baru dari sejumlah koleganya di Koalisi Merah Putih (KMP) yang serius menyikapi desakan mundur dari sejumlah anggota DPR RI maupun petisi yang muncul di dunia maya.

Politikus Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon sangat yakin Setya Novanto tidak bersalah. Bahkan Fadli menegaskan bahwa Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto harus membela dan mendukung teman yang berada di posisi benar.

“Kalau Pak Prabowo semalam bilang, kawan kita harus bela. Tapi, kalau salah itu hukum. Kalau benar ya kita apalagi. Saya pribadi melihat ini tak ada kesalahan. Bukan membela karena saudara Setya Novanto itu kawan saya juga. Tapi, memang tidak ada kesalahannya,” ujar Fadli menuturkan pesan Prabowo dalam pertemuan KMP di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/11/2015)

Fadli mengatakan tak hanya Gerindra yang percaya dengan Novanto, tapi juga Golkar, PKS dan PPP yang tergabung dalam KMP. Oleh karenanya, KMP akan membela Novanto.

Harus Dimundurkan
Sejumlah politisi menilai bahwa Setya Novanto tidak punya jiwa besar untuk mundur kendati kasus besar membelitnya. Sebagai politisi kawakan, Setya Novanto akan mati-matian membela diri. Karena itu, harus ada kekuatan yang memundurkannya dari jabatan ketua DPR RI.

Anggota Fraksi Partai NasDem DPR Taufiqulhadi menyatakan bahwa jika Novanto tak mau mundur, maka tidak ada jalan lain, dia harus dimundurkan melalui sanksi edtik atau hukum.

“Mustahil dia mengundurkan diri, saya rasa orang seperti Pak Novanto ini seorang politisi yang sangat kawakan, sudah banyak makan asam garam. Tidak pernah berpikir untuk mundur apapun yang terjadi, kecuali dimundurkan!” ucap Taufiqhulhadi kepada wartawan, Minggu (22/11/2015).

Sebelumnya, pada Jumat (20/11/2015) 4 orang anggota DPR menggulirkan mosi tidak percaya kepada Ketua DPR Setya Novanto. Mereka adalah Adian Napitupulu (PDIP), Taufiqulhadi (NasDem), Inas Nasrullah dan Harvin Hakim Toha (PKB). Mereka menggulirkan mosi tidak percaya dan meminta Setya Novanto mundur sebagai Ketua DPR RI..

Seperti diketahui Ketua DPR Setya Novanto disorot dan dikritik habis terkait dugaan pencatutan Presiden Joko Widodo dan Wapres JK untuk minta saham ke PT Freeport Indonesia. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *