Dirjen Dikti Gelar Seminar 140 Usulan Penelitian di Makassar

Suasana seminar usulan penelitian Dirjen Dikti di gelar di Hotel Singgasaha Makassar, 2-3 September 2014.
Suasana seminar usulan penelitian Dirjen Dikti di gelar di Hotel Singgasaha Makassar, 2-3 September 2014.

Makassar.-Dirjen Dikti Kemendikbud RI menggelar seminar bagi 140 usulan penelitian desentralisasi terdiri atas, hibang bersaing, fundamental, pekerti, pascasarjana serta disertasi doktor.

 Kasubdit Penelitian Dirjen Dikti, Dra.Desmeilita, M.Si dalam acara pembukaan yang berlangsung di  Hotel Singgasana, Selasa, 2 Agustus 2014,  mengatakan, dosen yang terpilih dalam usulan penelitian termasuk beruntung. “Naskah usulan yang masuk mencapai 4000 tetapi yang diterima hanya usulan yang layak dan lolos seleksi dari tim asesor,” tegasnya.  

Usulan penelitian dari para dosen ini, diharapkan mampu memberi luaran yang bervisioner dan membawa manfaat bagi masyarakat. “Riset dari kampus akan memberi peningkatan kualitas hidup masyarakat,” katanya.

Hasil penelitian diharap terpublikasi pada jurnal terakreditasi  serta dapat dipublikasikan dalam bentuk penerbitan buku teks. Ke depan riset akan semakin dibutuhkan karena pemerintahan baru sangat peduli dengan pendidikan tinggi dan riset disinergikan.

 penelitian dikti2222Salah seorang peserta yang  lolos hasil penelitian, Drs.Andi Pasong, M.Si,  dosen dari Universitas Sawerigading Makassar dengan melakukan penelitian, Penguatan Kelembagaan Pendampingan dan Usaha Mikro Alternatif Pemberdayaan Ekonomi Masyatakat Pesisir dengan studi kasus di Kabupaten Luwu Utara.

Penelitian bertujuan mengetahui bentuk penguatan kelembagaan, pendampingan dan usaha-usaha mikro yang dilakukan terhadap masyarakat wilayah pesisir di Kabupaten Luwu Utara, ungkap Andi Pasong

Hasil penelitia dapat menjadi bahan masukan baik pemerintah maupun masyarakat wilayah pesisir tentang pentingnya penguatan kelembagaan, pendampingan serta usaha mikro dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat wilayah pesisir, tegas Dekan FISIP Universitas Sawerigading Makassar ini.

 Diakhir penelitian, ditargetkan adanya temuan model pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir pada umumnya dan masyarakat pesisir di Kabupaten Luwu Utara khusunya.

 Ada juga penelitian pascasarjana, Dr.Mahmud Nuhung, MM dengan judul penelitian, Analisis Kualitas Jasa dan Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syahriah di Kota Makassar. (ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *