Dosen UNMUL Samarinda Raih Doktor di UNHAS

Mardewi Jamal, ST, MT
Mardewi Jamal, ST, MT

Salah seorang dosen fakultas tehnik sipil Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Mardewi Jamal, ST, MT, Selasa 12 Mei 2015 berhasil meraih gelar doktor bidang tehnik sipil di PPs-UNHAS dengan nilai sangat memuaskan. Dia   berhasil mempertahankan disertasinya pada rapat senat terbuka dipimpin Dekan Fakultas Tehnik Unhas, Dr.Ing.Ir. Wahyu H. Piarah, MS, ME di kampus Fakultas Tehnik UNHAS Gowa

        Wanita kelahiran Mangkoso, Barru, 11 Maret 1977, menulis disertasi berjudul   Studi Perilaku Beton Pracetak Pada Join Balok-Kolom Akibat Beban Siklik.Selama penelitian dan penulisan karya ilmiahnya, dibimbing Promotor;  Prof. Dr-Ing. Herman Parung, M.Eng dan Kopromotor I; Prof. Dr. M. Wihardi Tjaronge, ST, M.Eng Kopromotor II;  Prof. Dr. Victor Sampebulu, M. Eng.

Tampil selaku penguji yakni; Prof. Dr. M. Mary Selintung, M.Sc.;  Prof. Dr. Ir. H. Lawalenna Samang, M.S, M.Eng; Dr. Eng. Arwin Amiruddin, S.T., M.T, dan  Dr. Eng. Rita Irmawaty, S.T., M.T. selaku penguji internal dan Prof. Dr. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D selaku penguji eksternal

Simpulan dari hasil penelitian disertainya yakni; pola retak yang terjadi adalah retak lentur yang berada pada daerah potensi sendi plastis yaitu pada jarak h (tinggi) balok dari muka kolom dan menjalar kearah 2 x h balok atau kearah muka kolom. Karakteristik hysteresis loop pada sambungan pracetak menunjukkan kurva yang hampir sama dengan sambungan monolit yaitu semakin meningkat seiring dengan penambahan beban dan displacement.

 Dari ketiga sambungan pracetak, model sambungan miring (SBK-4) menunjukkan perilaku yang lebih baik dari semua benda uji, karena memiliki nilai daktilitas dan kekuatan yang lebih tinggi dari benda uji yang lain. Tingkat kekuatan dan daktilitas sambungan balok kolom pracetak terhadap monolit dinyatakan dalam fungsi daktilitas penuh dan kekuatan relatif, kata mantan dosen Fakultas Tehnik Universitas Sawerigading Makassar ini.

Penelitian ini merupakan studi eksperimental untuk menganalisis pola retak pada tipe sambungan pracetak model lurus, bergerigi dan miring dengan pembebanan siklik, menganalisis karakteristik hysteresis loop hubungan beban-displacement, menganalisis pengaruh sambungan pracetak terhadap daktilitas dan kekuatan, serta merumuskan model hubungan tingkat kekuatan dan daktilitas sambungan balok kolom pracetak terhadap monolit, tandas mantan  Fasilitator Kecamatan Teknik Program PKPS BBM di Kab. Maros 2005-2006 ini.

Mardewi Jamal mulai jadi dosen di Fakultas Tehnik Sipil Unmul sejak 2008.  Tamat SD 6 Ujung Baru Soppeng 1989. Ponpes Madinah Ujung Pandang 1992. SMA 1 Soppeng 1995. S1 Sipil Unhas 2000 serta S2 Sipil PPs-UNHAS 2006. Mantan dosen Fakultas Tehnik Universitas 45 Makassar; Dosen STIPER Kutai Timur,  Kalimantan Timur. Isteri dari Wahinuddin Paressa, S.TP dan ibu dari Muh Fauzan Angga dan Fauziah Zahirah Angga. (ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *