Dra.Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si: Memacu UNASMAN Jadi Rujukan di Sulbar

Dra. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si
Dra. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si

Polman.-Periode kedua Dra. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si, memimpin   Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN) Sulawesi Barat (Sulbar), bakal segera di jalani. Jika tidak aral melintang, Selasa 12 Agustus 2014 akan dilantik dan diambil sumpahnya menjadi Rektor UNASMAN periode kedua 2014-2018. Periode pertama 2010-2014. empat tahun sudah terlewati dan masa kedua akan segera dijalani.

       Sepanjang empat tahun periode pertama menurut Chuduriah, Minggu 10 Agustus 2014,  pembenahan akademik dan sumber daya manusia menjadi skala prioritas. Sebanyak 11 program studi yang dibina (kesehatan masyarakat, agribisnis, agroteknologi, peternakan, teknik informatika, sistem informasi, ilmu pemerintahan, ilmu komunikasi, pendidikan matematika, PPKN, pendidikan bahasa dan sastera Indonesia), diupakan meningkatkan status akreditasinya.

        Re-akreditasi dari BAN-PT bagi prodi yang dibina itu, terus dilakukan untuk meraih nilai lebih tinggi minimal B. Status akreditasi itu sejalan percepatan peningkatan kualitas sumber daya dosen. Pembenahan kampus kontinyu dilakukan. Sedikitnya  12 dosen sedang merampungkan studi doktoral di UNM, Unhas, ITB dan Universitas Negeri Jakarta. Dua atau tiga tahun ke depan, para dosen itu akan kembali mengabdi dengan kualifikasi pendidikan S3.

    Periode pertama kepemimpinan tandas kandidat doktor sosiologi PPs-UNM ini, penataan administrasi kampus ditingkatkan. Akreditasi, sumber daya dosen, sarana dan prasana kampus terus diperbaiki  dan dibenahi. Kerja keras empat tahun dari seluruh civitas akademika,  menjadi kampus ini semakin dilirik oleh anak-anak muda dari seluruh pelosok Sulawesi Barat,  guna melanjutkan jenjang studi pendidikan tinggi.

         Amanah yang diberikan masyarakat itu,  menjadikan seluruh civitas akademika kampus, bertekad untuk senantiasa memacu UNASMAN selaku kampus rujukan di wilayah Sulbar dan sekitarnya, ungkap magister komunikasi PPs-UNHAS ini.

         Rencana pengembangan para periode kedua kepemimpinan, meningkatan status akreditasi semua prodi serta akreditasi institusi yang menjadi amanah dari UU Pendidikan Tinggi. Empat tahun kedepan juga menjadi impian adalah segera membuka program pascasarjana, tandas anggota Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat ini.

     Sumber daya dosen yang didorong melanjutkan studi S3 semakin signifikan, sehingga dalam rentang waktu periode kedua kepemimpinan, pembukaan program studi S2 segera dapat terwujud. Amanah dan tanggungjawab diberikan warga Sulbar dengan menitipkan anak-anak mereka menjalani pendidikan di kampus, akan direspon  semaksimal mungkin, tegas Kordinator Wilayah APTISI Sulbar ini.

         Proses pembelajaran bukan hanya materi perkuliahan standar sesuai kurikulum, tetapi semua mahasiswa juga dibekali dengan materi pengajaran yang menjadi ciri khas selaku kampus islami.

        Nilai agama Islam ditanamkan secara dini kepada mahasiswa  lewat  program mata kuliah agama Islam empat semester. Kebijakan itu sejalan dengan ide dasar pendiri kampus Annangguru almarhum KH Sahabuddin.   Pada semester delapan mahasiswa kembali diperkenalkan pengajaran kitab kuning dua kali seminggu dalam praktik khalaqah, duduk bersila kemudian bergantian para ulama mengajarkan kitab-kitab gundul pengetahuan agama

       Kebijakan pembelajaran  itu terkait,  tekad dan keinginan civitas akademika kampus untuk mencetak sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas, berkarakter, dan berakhlak mulia. Pola pembelajaran kitab kuning itu, menjadikan alumni kelak memiliki daya saing tinggi dan karakter kuat menjalani proses kehidupan, terutama ketika para alumni memasuki pasar kerja di tengah masyarakat, tegas salah seorang putri almarhum Prof.Dr. H. Sahabuddin yang juga salah seorang Annang Guru Tarekat Kadariyah untuk wilayah Sulawesi Barat dan sekitarnya.(ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *