Dua Festival Tandai 1 Tahun Kepemimpinan Danny – Ical

Kadis Pariwisata Kota Makassar Hj Rusmayana Majid (tengah) didampingi Muhammad Roem; Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Makassar, Taufiq Haris dari ‘PT Rahmat 8 Putera’, Kartawijaya Dg Nai dari ‘CV Hospitality Communication’. (foto uka)
Kadis Pariwisata Kota Makassar Hj Rusmayana Majid (tengah) didampingi Muhammad Roem; Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Makassar, Taufiq Haris dari ‘PT Rahmat 8 Putera’, Kartawijaya Dg Nai dari ‘CV Hospitality Communication’. (foto uka)

Makassar, RBC – Dua festival, yakni; ‘Festival Anak Lorong’ dan ‘Festival Eat dan Run 2015’ bakal menandai 1 tahun kepemimpinan Danny – Ical di Kota Makassar. Pasangan yang bernama lengkap Ir. Moh. Ramdhan Pomanto dengan Dr. Syamsu Rizal SI, MM, dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Makassar tanggal 9 Mei 2014.

Kedua festival ini diprakarsai Dinas Pariwisata Kota Makassar bekerjasama pihak ketiga antara lain; ‘PT Rahmat 8 Putera’, dan ‘CV Hospitality Communication’ (event organisir). Menurut Kadis Pariwisata Kota Makassar Rusmayana Majid malam tadi, (10/5), inti Festival Anak Lorong ialah mengajak sebanyak-banyaknya warga untuk bersama-sama melaksanakan kerja bakti membersihkan masing-masing lingkungannya.

“Itu sebabnya, kita melibatkan warga yang merupakan representatif  dari 14 kecamatan yang ada di Kota Makassar,” jelas Rusmayana pada kompetensi pers di sebuah hotel di bilangan Panakkukang Mas, didampingi Muhammad Roem; Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Makassar, Taufiq Haris dari ‘PT Rahmat 8 Putera’, Kartawijaya Dg Nai dari ‘CV Hospitality Communication’.

Festival Anak Lorong Makassar dipusatkan di empat lokasi. Masing-masing di seputaran di Benteng Fort Rotterdam pada tanggal 22 Maret, di seputaran Masjid Al Markaz Al Islami tanggal 5 April 2015 di BTP Tamalanrea tanggal 26 April dan di seputaran lapangan sepak bola Hertasning tanggal 17 Mei 2015.

“Event ini merupakan bentuk persembahan dari pemerintah kota untuk warganya yang melakoni ekonomi kreatif dan pemberdayaan anak lorong. ‘Anak Lorongna Makassar’ merupakan tagline pasangan Danny – Ical memenangkan Pilkada Kota Makassar yang digelar tahun lalu.

“Festival ini akan dimulai dengan senam kesegaran pagi, dilanjutkan dengan gerakan bersih-bersih dan lomba masak bersama ibu PKK dan juga dapat diikuti warga secara umum, siapa saja yang mau ikut,” ujar Rusmayana.

 Permainan Rakyat

Yang menarik pada ‘Festival Anak Lorong’ karena penyelenggaranya akan mengangkat kembali segala macam permainan tradisional, seperti; dende-dende,  mallongga, maggoli, mappuntu, maggalaceng, dan sebagainya – yang pada zaman dahulu sangat digemari oleh anak-anak di daerah Bugis Makassar, ini.

“Namun barangkali karena arus modern yang mendatangkan permainan dalam bentuk elektronik dan digital melaui komputer, handphone dan sebagainya sehingga menggeser permainan rakyat. Dampaknya, permainan-permainan rakyat dahulu itu, sekarang sudah tidak dikenal oleh anak-anak zaman sekarang. Orang-orang tua pun mungkin sudah lupa, termasuk saya sendiri,” kata Rusmayani sambil tertawa.

Permainan tradisional tersebut akan dilombakan yang dapat diikuti oleh siapa saja asalkan warga Kota Makassar pada tanggal 7 Juni 2015. “Kami sediakan bermacam-macam hadiah yang menarik,” jelas Rusmayani.

 ‘Festival Eat and Run’

Festival Eat dan Run 2015’ ialah suguhan yang menghidangkan segala macam makanan minuman khas Bugis Makassar (Eat), dan digabungkan dengan lomba lari (Run) yang juga boleh diikuti siapa saja asal tercatat sebagai warga Kota Makassar.

Jelasnya, semua peserta lomba lari akan dipersilakan mencoba dan mencicipi   segala macam makanan dan minuman yang tersedia, dan setelah beristirahat sejenak, dimulailah lomba lari.

Uniknya, lomba lari ini dilaksanakan pada malam hari. Rutenya star di Jl. Balaikota kemudian menyusuri Jl. Riburane, Jl. Ujung Pandang, Jl. Penghibur, Jl. Pasar Ikan, hingga Jl. Metro Tanjung Bunga, dan finish di depan rumah jabatan walikota.  “Kita berharap, festival ini akan ramai dikunjungi para wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. Karena memang, tujuan kita selain memperingati setahun kepemimpinan Danny – Ical memimpin Kota Makassar, juga untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kota makassar.

Event ini lebih menarik, karena selain dilaksanakan pada malam hari sehingga merupakan lomba lari pertama di Indonesia, juga akan dimeriahkan oleh penampilan Trio Mignightquickey yang sudah jadi langganan event di sejumlah SMA di Makassar, nasional serta festival nasional.

Kegiatan lainnya ialah acara talkshow bersama chef priscil yang akan mengupashabis seputar dunia kuliner, yang akan memberikan tips dan trick membuat kuliner dan meriahkan oleh suguhan irama dari pemusik jalanan Losari Makassar accouustik jazz dan lomba memasak.

Media Relation officer Hospitality communication Atika MJ mengatakan bahwa event yang akan digelar sepanjang bulan Mei dan Juni mendatang, dan terbuka untuk umum. “Event ini akan menggunakan jalur jalan penghibur, jalan Metro Tanjung Bunga, jalan Penghibur dan Anjungan Pantai Losari,” ujarnya.

Menurut Rusmayani, program yang dikelola dinas yang dipimpinnya mempunyai visi untuk menjadi Kota Makassar dua kali tambah baik, sebagaimana tekad Walikota dan Wakil Kota Makassar Makassar; Denny dengan Ical, dan untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan berkunjung di Kota Makassar. “Termasuk ide brilian Bapak Walikota untuk menarik wisatawan sebanyak mungkin, melalui pembuatan perahu Pinisi yang dikerjakan di Kota Makassar,” kunci Rusmayani sambil mengajak para wartawan yang hadir pada acara jumpa pers ini, untuk ikut lomba lari. (uka)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *