Dua Menko Setuju Revisi UU KPK, Bagaimana Sikap Presiden?

Gedung KPK (ist)
Gedung KPK (ist)

Jakarta (rakyatbersatu.com) – Dua Menko Kabinet Kerja Jokowi-JK menyatakan setuju dilakukan revisi UU KPK. Mereka adalah Menko Polhukam Luhut Panjaitan dan Menko PMK Puan Maharani.

Luhut Panjaitan mengatakan setuju revisi UU KPK dengan beberapa catatan, terutama terkait keberadaan lembaga pengawas, termasuk KPK tak punya kewenangan mengeluarkan SP3.

Menurut Luhut, KPK perlu ada yang mengawasi. Setiap lembaga harus ada yang mengawasinya, pemerintah saja diaudit. Hal yang urgennya juga adalah SP3, karena terkait hak asasi manusia.

“Contoh seperti itu, mosok kamu nggak ada yang ngawasin, organisasi apa sih di dunia ini yang nggak diawasin, pemerintah saja diaudit,” terang Luhut di Kompleks Istana, Jakarta.

Puan Maharani pun menyatakan hal yang sama . Dia tak mempermasalahkan revisi UU KPK bila diteruskan DPR. Puan sangat yakin, DPR punya pertimbangan yang matang untuk menguatkan KPK lewat revisi UU tersebut.

“Ya kalau memang sudah sangat urgent dan memang diperlukan penguatan dari kemudian direvisinya UU, ya saya ikut apa yang menjadi hal yang diinginkan DPR, fraksi-fraksi yang ada di DPR,” ujar Puan.

Jika kedua Menko sudah sepakat untuk merevisi UU KPK, maka bagaimana dengan Presiden Jokowi.

Terkait sikap presiden, Mensesneg Pratikno mengatakan Presiden Joko Widodo belum memberikan komentar terkait rencana tersebut. Namun Jokowi pernah mengatakan untuk memperkuat KPK, bukan untuk dilemahkan.

Presiden bahkan pernah menolak saat Menkum HAM mengajukan usulan revisi UU KPK. Penolakan presiden atas usulan Menkum HAM inilah yang juga didukung KPK untuk menolak draf RUU yang diajukan DPR dengan tujuan untuk ‘membunuh’ KPK.

Penolakan revisi UU KPK juga datang ormas Pro Jokowi (Projo). Ormas pendukung Jokowi menilai revisi itu sangat sarat dengan pasal pelemahan KPK.

“KPK jangan dilemahkan, dikerdilkan atau bahkan dibunuh. KPK justru harus terus diperkuat. Publik menilai KPK sangat berprestasi dalam pemberantasan korupsi,” kata Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi seperti dilansir detikcom.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *