Dukung Program 1000 Ekor Sapi, MPM Siapkan Lahan Peternakan di Palopo

Salah satu lahan peternakan sapi di Palopi yang ditinjau MPM Sulsel (foto ulla)
Salah satu lahan peternakan sapi di Palopo yang ditinjau MPM Sulsel (foto ulla)

Palopo (rakyatbersatu) – Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel bersama MPM  PDM Kota Palopo mengapresiasi program pengadaan  1000 ekor sapi yang dicanangkan oleh Walikota Papolo, Drs HM Judas Amir, SH, MH.  Sebagai bentuk dukungan MPM telah  menyiapkan lahan pengembangan peternakan sapi di beberapa tempat, diantaranya  Kampung Po’pung, Kelurahan Mawa kurang lebih  1 ha, dan Lokasi Bungoli, Kelurahan Peta kurang lebih 1 ha, di Kecamatan Cendana.

Penanggunjawab pengembangan ternak sapi  Kota Palopo, H. Jirman Yunus, mengatakan,  langkah awal yang akan dilakukan dalam rangka pengembangan peternakan sapi adalah pembangunan kandang baterei yang direncanakan akan dibangun di dua lokasi  (Kampung Po’pung dan Mawa).   Jumlah sapi yang direncanakan untuk tahap awal berjumlah 20 ekor (jantan dan betina). Menariknya pemeliharaan ini dilakukan secara berkelompok. “Jadi asset yang dimiliki oleh kelompok,”ujar Jirman.

Menurut Jirman pengadaan bibit sapi ini dibeli dibeberapa lokasi, yakni didatangkan dari Bone, Enrekang, Sulteng, Kendari, NTB, Plores, dan dari Palopo sendiri. Dikatakan jika pengadaan bibit sapi ini didatangkan dari luar, harganya cukup mahal seperti bibit sapi yang dibeli dari Kendari mencapai Rp8,8 juta, dan tentu sangat beda ketika bibit itu hanya bisa didapatkan di wilayah Sulsel.

Lebih lanjut dikatakan, pengembangan sapi di Palopo ini cukup potensial, mengingat kebutuhan daging sapi di Palopo mencapai 800  – 1200 kg/hari dan ini  tidak  cukup jika hanya mengandalkan stok yang tersedia. Sehingga perlu ada aktivitas pengembangan sapi di Palopo, dan MPM akan mengambil peran dalam penyediaan daging di Palopo. “Mudah-mudahan ini mendapat dukungan dari pemerintah kota,” harap Jirman yang juga mantan anggota DPRD Palopo.

Sementara itu, Ketua MPM PWM Sulsel, H Husni Yunus, mengatakan, MPM Sulsel selama ini sangat eksis daalam kegiatan pengembangan pertanian, termasuk dengan pengembangan sapi seperti yang akan dikembangkan di Palopo. Selain di Palopo, sebut Husni,  MPM Sulsel juga ada dampingan pengembangan sapi di Luwu Utara. Dia menambahkan, program pengembangan sapi ini ini adalah bagian dari rencana program strategis MPM PWM Sulsel. (ulla)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *