Enam Usungan Golkar di Sulsel Tersandung Rekomendasi

Aburizal Bakrie dan Agung Laksono belum juga akur (ist(
Aburizal Bakrie dan Agung Laksono belum juga akur (ist)

Makassar (Rakyat Bersatu)- Perseteruan kubu Golkar Aburizal Bakrie dan Kubu Agung Laksono yang belum juga berakhir membuat partai pohon beringin ini semakin terkapar dalam menghadapi Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang.

Di Sulawesi Selatan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Sulsel sudah menyatakan ada 6 calon usungan Golkar terpaksa ditolak karena tidak mampu memperlihatkan dua rekomendasi yang dipersyaratkan.Enam Kabupaten itu adalah Kepulauan Selayar, Luwu Utara(Lutra), Luwu Timur (Lutim), Gowa, Maros, dan Pangkajene Kepulauan (Pangkep).

“Berdasarkan laporan, ada enam kabupaten yang calon usungan Partai Golkar itu tidak memenuhi persyaratan hingga batas waktu yang ditentukan,” ujar Ketua KPUD Sulsel Muh lqbal Latief di Makassar.

Iqbal Latief mengatakan sampai batas waktu yang telah ditentukan, mereka tidak mampu memperlihatkan rekomendasi dari DPP (rekomendasi dari kubu Ical dan Agung). Sementara batas waktu yang sesuai dengan tahapan itu, berakhir pada Selasa 28 Juli 2015 pukul 16.00 WITA.

Diakui Iqbal pihak KPU sudah memberikan toleransi kepada mereka untuk melengkapi hingga pukul 24. 00 Wita namun sampai bata waktu itu, belum juga dipenuhi.”Kami telah menjalankan proses penjaringan ini sesuai Peraturan KPU serta surat edaran KPU RI, “tandas mantan wartawan Pedoman Rakyat ini.

Dari enam kabupaten, kata Iqbal masing-masing hanya menyetorkan rekomendasi dari satu kubu DPP saja. Ada yang menyetorkan rekomendasi Agung dan ada pula yang hanya membawa rekomendasi Aburizal.

Tentang perpanjangan pendaftaran, Iqbal mengakui belum ada instruksi dari KPU RI. Sehingga langkah yang dilakukan pada tahapan ini adalah berdasar peraturan KPU dan surat edaran KPU RI saja,”Kita ikuti aturan dari atas. Mengenai batas waktu, sampai sekarang belum ada instruksi untuk memperpanjang masa pendaftaran,” ujarnya.

Juru bicara KPUD Sulsel Asrar Marlang menyebutkan, pihaknya di 11 daerah telah menerima total 36 paket pasangan bakal calon bupati hingga penutupan.KPU selanjutnya melakukan verifikasi terhadap mereka sembari menjalankan tes kesehatan dengan melibatkan dokter profesional. Penetapan calon rencananya diumumkan 24 Agustus. Adapun pemungutan suara, digelar serentak 9 Desember mendatang. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *