Evakuasi Korban Aviastar Selesai, Tim DVI Mulai Identifikasi Korban

aviastar omMakassar (rakyatbersatu.com) – Evakuasi korban jatuhnya pesawat Aviastar dari lokasi di kawasan pegunungan Latimojong Kabupaten Luwu, Selasa (6/10/2015) sudah selesai dilakukan Tim Basarnas dibantu oleh masyarakat setempat.

Selain 10 korban, Tim SAR juga berhasil mengevakuasi puing Aviastar, di antaranya serpihan sepanjang 40 cm dan bertuliskan ‘Aviastar’. Tak hanya itu, tim SAR juga menemukan black box. Alat perekam data perjalanan itu relatif utuh dan dalam kondisi baik.

Serpihan pesawat dan black box diserahkan Kapolres Luwu AKBP Adex Yudiswan ke Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo di Posko Dusun Gamaru, Desa Ulu Sula, Kecamatan Latimojong, Selasa (6/10/2015). Momen itu disaksikan sejumlah relawan dan Kapolda Sulselbar Irjen Pudji Hartanto.

Upacara Penyerahan
Setelah proses evakuasi selesai, para korban kemudian diterbangkan ke Makassar hari itu juga, dan mendarat di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. Kemudian dilanjutkan upacara penyerahan korban kepada Kapolda Sulselbar untuk kemudian dilakukan identifikasi oleh Tim DVI yang berada di RS Bhayangkara Makassar.

Proses upacara penyerahan janazah korban Aviastar ini dipimpin Kabasarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo.

“Saya mengucapkan terimakasih pada tim Basarnas, TNI, Polri, Pemda dan potensi masyarakat, saya ucapkan berbelasungkawa pada keluarga korban, semoga arwah korban di terima Yang Maha Kuasa,” ucap Soelistyo dalam pidatonya.

Setelah upacara penyerahan jenazah dari Basarnas ke Polda Sulsel, Tim DVI langsung membawa jenazah korban menuju di RS Bhayangkara Makassar untuk dilakukan proses identifikasi.

Selanjutnya, data postmortem akan dicocokkan dengan data antemortem yang telah dikumpulkan sebelumnya dari keluarga terdekat korban.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *