Fakta Baru! Suzuki Nex Terbukti Paling Irit BBM

nex irit okDalam setiap berpromosi, hampir semua pabrikan motor matik di Indonesia kerap mengklaim matik buatannnya paling irit bahan bakar (BBM). Klaim itu tentunya punya tujuan untuk mendonkrak angka penjualan. Namun demikian, tidak semua konsumen lantas percaya atas klaim paling irit tersebut. Mereka ingin melihat fakta yang sesungguhnya.

Karena itu, beberapa pihak tertarik untuk melakukan uji irit tersebut, baik secara diam-diam maupun terang-terangan, tentu dengan metode yang dianggap paling presisi untuk mengklaim matik tersebut paling irit.

Detik Oto, salah satu pihak yang tertarik membuktikan motor matik mana yang sesungguhnya paling irit. Dan secara terbuka mereka melakukan pengujian terhadap tiga motor matik dari produsen yang berbeda, yakni Honda Beat, Yamaha Mio J dan Suzuki Nex.

Pada uji irit yang dilakukan Senin, 24 Maret 2014 tersebut dimulai dari Redaksi Detik Oto di Warung Buncit-Kuningan-Diponegoro-Jenderal Sudirman-Gatot Subroto-MT Haryono dan putar balik di Cawang, Mampang-Ragunan-Kemang-Fatmawati-Terogong-Pondok Indah-TB Simaatupang – Fatmawati – Antasari-Kemang dan finish di kantor detikcom.

Untuk menentukan matik mana yang paling irit, ketiga motor matik tersebut tangki bensinnya dikuras lebih dahulu, kemudian di isi dengan 1 liter Pertamax dengan RON 92, tentu dengan menggunakan gelas ukur.Agar bensin tidak menguap, tim penguji menuangkan bensin ke tangki di tempat yang tidak terpapar matahari. Setelah dipastikan semua skutik terisi, baru pengujian dilakukan. Namun sebelum itu dilakukan, bobot setiap rider ditimbang dan dipatok berat tubuh setiap pengendara 67 kg saja. Sedangkan kecepatan setiap skutik terjaga diantara 30-40km per jam.

Lalu bagaiman hasilnya? Ternyata Suzuki Nex berhasil membutikan dirinya sebagai motor matik paling irit diantara dua matik lainnya, dengan total capaian 60,3km/ liter. Sedangkan Honda Beat 1 liter = 57,5 km sementara Yamaha Mio J hanya membukukan 50,85 km untuk 1 liter BBM.

Fakta baru jika Suzuki Nex paling irit BBM jelas bukan isapan jempol belaka. Bahkan sebelum uji irit Detik Oto ini dilakukan, Suzuki Nex sudah lebih dulu melakukan pengujian secara internal, bahkan beberapa pihak yang juga melakukan uji rit mampu menorehkan angka keiritan Nex di atas angka tersebut.

“Saya kira uji irit yang dilakukan oleh tim Detik Oto, bukan fakta baru bagi kami, namun pengujian tersebut memberi penguatan atas klaim kami selama ini,” tandas, Fredrik Tulaseket, Marketing Manager Main Dealer Suzuki PT Sinar Galesong Pratama Makassar, saat dikonfirmasi.

Seperti diketahui, dalam pengujian yang telah dilakukan di sirkuit Sentul beberapa waktu lalu, Suzuki nex mencatatkan hasil konsumsi bahan bakar 1 liter untuk 79,6 km. Metode pengetesannya tangki diisi penuh, kemudian dijalankan dalam kecepatan 40 km/jam selama 30 menit. Sebagai bukti pengakuannya, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan rekor kepada Suzuki nex untuk kategori sepeda motor otomatis paling irit di Indonesia. (yd/detikoto)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *