Fantastis! Suzuki Shooter Hanya Butuh 1 Liter BBM untuk 98.5Km

Shooter terbukti irit (ist)
Shooter terbukti irit (ist)

Fantastis! Kata itu paling  tepat disandang oleh Suzuki Shooter. Ketangguhan dan keiritan motor bebek injeksi besutan pabrikan Suzuki ini terbukti sangat irit dalam mengkonsumsi bahan bakar minyak (BBM). Untuk 1 liter BBM,  Shooter mampu menjelajahi rute sepanjang 98.5 Km.

Uji irit BBM ini bukan hal baru bagi Suzuki Shooter. Sebab sebelumnya juga dialakukan di berbagai daerah di Indonesia. Dari serangkain uji irit BBM terebut, hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil uji irit yang dilakukan  oleh 15 orang konsumen  pada Sabtu, 7 Desember 2013 di Makassar.

Uji irit dengan rute Makassar-Malino Kabupatan Gowa yang  dimulai dari Halaman Kantor PT Sinar Galesong Pratama, Jl AP Pettarani No 55 Makassar kemudian menyusuri rute yang  sama sekali tidak bebas hambatan. Ini dimaksudkan untuk membuktikan seberapa besar Shooter mengkonsumsi BBM apabila dikendarai di jalan yang  padat dengan arus lalulintas.

Dari hasil uji irit tersebut diketahui  Suzuki Shooter yang dikendarai Lukmanul Hakim peserta dari Desa Maccini Baji Kabupaten Gowa mampu menembus angka 1:98,5Km. Sementara tiga peserta mencatat pemakaian BBM 1:98Km, dan dua peserta lainnya 1:97.5Km.  Sedangkan peserta lainnya rata-rata mencatat pemakaian BBM antara 96,5Km hingga 96Km untuk satu liter BBM.

“Shooter benar-benar sangat irit. Saya telah membuktikannya, padahal saya sering mengalami jalan yang macet, berkelok dan tanjakan. Tetapi ternyata Shooter yang saya kendarai hanya menghabiskan bensin seliter saja,” ungkap Lukmanul Hakim yang juga berrhasil membawa hadiah uang tunai Rp 1,2 juta plus piagam dari Pimpinan Main Dealer Suzuki PT Sinar Galesong Pratama.

Uji irit BBM Suzuki Shooter ini dilakukan untuk memberikan pembuktian kepada masyarakat bahwa Suzuki Shooter memiliki kualitas  yang sangat jauh berbeda dari bebek sekelasnya. Tak hanya itu, Shooter juga terbukti lebih ekonomis untuk dipergunakan dalam berbagai aktivitas.

“Fakta Shooter lebih irit BBM sudah dibuktikan oleh konsumen. Kami optimistis Suzuki Shooter akan menjadi kendaraan keluarga yang paling pantas untuk dimiliki,” kata Felix Tandiawan, Direktur Main Dealer Suzuki PT Sinar Galesong Pratama.

Sejatinya, fakta Suzuki Shooter lebih irit BBM 37 persen sudah dibuktikan sebelum motor bebek Injeksi pertama di Indonesia di lepas ke pasaran.

Kenapa Shooter irit? Karena pasokan bahan bakar disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Selain itu, teknologi injeksi  yang disandangnya memudahkan mesin beradaptasi dalam kondisi cuaca apapun.

Sekedar diketahui, untuk mewujudkan sosok Shooter yang berkualitas tinggi, dan sempurna, semua komponen mesin maupun fiturnya diuji secara ketat di Pusat R & D Suzuki Jepang.

Keiritan dan ketangguhan mesin menjadi hal utama pada sosok Shooter. Untuk mencapai target tersebut, Suzuki menurunkan gesek pelatuk katup atau roller rocker arm, ruang bakar dengan sudut katup yang lebih maksimal mengalirkan bahan bakar dan udara serta pegas katup. Bahkan meluas pada bahan piston dan kruk as yang ringan namun kuat.

Desain baru ruang pembakaran yang semakin ideal ini dicapai berkat sudut katup baru dan pemilihan tipe busi yang tepat. Suzuki merancang ulang lubang isap (intake port shape) untuk meningkatkan stabilitas pembakarannya.

Sedangkan pada rangka dan lengan ayun dibuat dari bahan ringan dan kuat untuk menahan bobot saat digunakan. Semua itu didukung dengan Electronic Control Module (ECM) dan injektor untuk menghasilkan pembakaran optimal.

Rancang bangun Suzuki Shooter yang sempurna tersebut dilandasi tiga aspek utama, yaitu, nyaman dikendarai (fine to ride), bangga memilikinya (pride to own) dan menyenangkankan digunakan (excitement to use).

      Soal harga, kedua motor bebek andalan Suzuki tersebut sangat terjangkau. Meski demikian, kualitas dan kesempurnaan teknologinya dijamin lebih sempurna, sehingga aman dan nyaman dikendarai sepanjang waktu. (yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *