Fitri Ingan Jadi Guru Olahraga

Fitri bersama pelatih dan teman-temannya.
Fitri bersama pelatih dan teman-temannya.

MENEKUNI olahraga lari sejak duduk di bangku kelas 1 SMP, Fitri kini tampil membanggakan daerahnya, Kabupaten Luwu. Ia merebut 2 medali emas dalam nomor lari yang berbeda.

Emas pertama diraih pada nomor 10 ribu meter putri pada hari pertama kejuaraan yang dilaksanakan di Stadion Lamalaka, Rabu (10/9).

Hari berikutnya, anak kelima (delapan bersaudara) pasangan Siman dan Maria yang sudah duduk di bangku kelas 3 SMA Negeri 22 Makassar merebut medali yang sama pada nomor 5000 meter putri.

Ia berlari dengan tenang. Langkahnya rata dan hanya mengenakan kaos kaki. Rambut panjangnya diikat dan menjuntai seperti ekor kuda, Fitri mampu melewati satu persatu pelari yang menjadi saingannya.

Ia bahkan membuang jauh lawan-lawannya. ‘’Entah kenapa, saya lebih senang olahraga lari dibanding lainnya. Tapi itu, mungkin juga karena saya memiliki bakat disitu,’’ katanya saat ditemui usai memenangkan lomba.

Didampingi pelatihnya yang juga Ketua Pembinaan Prestasi KONI Kabupaten Luwu, Baso T, S.Pd, Fitri yang sesekali diganggu teman-temannya atas keberhasilannya itu, mengaku ingin menjadi guru olahraga.

‘’Saya hanya ingin menjadi guru olahraga, biar bakat dan ilmu saya bisa saya tularkan kepada anak-anak lainnya sehingga Sulsel bisa berbicara banyak dalam cabang atletik. Khususnya lari,’’ tambahnya.

Untuk memperdalam ilmunya dalam berlari, peraih media emas nomor 10 ribu pada Porda XIV Pangkep itu kini giat berlatih di Pusat Pembinaan Atlet Pelajar (PPLP) Makassar.

‘’Itulah sebabnya sekarang saya sekolah di Makassar. Sebelumnya saya di Luwu. Namun sejak mewakili Sulsel dalam Kejurnas Lari antar PPLP di Mataram tahun 2012, saya di Makassar sampai sekarang,’’ tambahnya.

Fitri juga mengatakan, pada Kejurnas di Mataram tersebut, ia hanya berhasil meraih peringkat kedua. Ia berharap, ke depan prestasinya semakin membaik dan bisa mengharumkan nama bangsa, teruma Sulsel dan Kabupaten Luwu.

Pada Porda XV di Bantaeng, Fitri dijanji bonus Rp 10 juta oleh Bupati Luwu bila berhasil mempersembahkan sebuah medali emas, tambah pelatihnya. Wah, kalau begitu, Fitri akan mengantongi Rp 20 juta. Selamat ya. Sukses selalu menyertai.(syafar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *