FKM UVRI Ditunjuk Pengelola Uji Kompetensi Kesmas

Dr.Arlin Adam, M.Si
Dr.Arlin Adam, M.Si

Makassar.RBC.- Sejak Oktober 2014 kampus diberi amanah oleh Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Dikti Kemendikbud, menjadi salah satu pengelola uji kompetensi kesehatan masyarakat (kesmas). Amanah itu adalah kepercayaan diberikan pemerintah dan akan dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan profesionalisme yang tinggi. Demikian ditegaskan Dekan FKM UVRI Makassar Dr.Arlin Adam, M.Si, di Makassar, 2 Januari 2015.

      Dijelaskan, lulus uji kompetensi itu menjadi syarat pokok bagi tenaga kesmas dalam menjalankan tugas secara profesional. “Kampus sudah melakukan uji coba kompetensi bagi tenaga kesmas yang selama ini sudah menjalani profesi pada instansi negeri dan swasta, hasilnya masih di atas rata-rata, sehingga institusi pengelola pendidikan kesmas masih perlu terus meningkatkan proses pembelajaran agar alumni dihasilkan semakin berkualitas tinggi,” tandas doktor sosiologi kesehatan PPs-UNM ini.

       Hasil dari proses uji kompetensi, akan ada surat tanda registrasi. Surat itu menjadi penting dan menjadi syarat untuk  promosi jabatan di institusi tempat bekerja. “Malah ke depan diharapkan dalam rekruitmen pegawai pada kantor pemeritah dan swasta surat tanda registrasi itu,  menjadi persyaratan utama,” tegas Ketua Forum Perlindungan dan Advokasi Sosial Korban Napsa Sulsel ini.

      Kampus telah membentu tim pengelola uji kompetensi dengan melibatkan sumber daya dosen yang memadai. Selain itu,  juga melakukan kerjsama dengan organisasi profesi seperti, Persatuan Sarjana Kesmas serta Ikatan Ahli Kesmas.

      “UVRI Makassar mendidik sekitar 1161 mahasiswa dengan alumni juga mencapai 1770 orang. Mereka ini meyebar mengabdi pada instansi pemerintah dan swasta di seluruh Indonesia terutama di Kawasan Timur Indonesia,” ungkap Konsultas USAID Program KINERJA ini.

        Staf Ahli Biro Bina Napza dan HIV/AIDS Sulsel ini mengatakan, pengembangan sumber daya dosen jadi skala prioritas, tahun 2014 sebanyak enam dosen lanjut studi S3 di program pascasarjana UNM serta UNHAS. Tahun 2015 beberapa orang lagi akan menyusul lanjut program doktor pada bidang kesmas.(ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *