Gaukang Karaeng Bontomangepe akan Jadi Paket Wisata Budaya Takalar

Bupati Takalar DR. H. Burhanuddin Baharuddin, SE.,M.Si bersama para Pimpinan SKPD Takalat menyaksikan  Gaukang Karaeng Bontomangape ke 384  (hms)
Bupati Takalar DR. H. Burhanuddin Baharuddin, SE.,M.Si bersama para Pimpinan SKPD Takalat menyaksikan Gaukang Karaeng Bontomangape ke 384 (hms)

Takalar. RBC. Bupati Takalar DR. H. Burhanuddin Baharuddin, SE.,M.Si bersama para Pimpinan SKPD Lingkup Pemda Takalar, Para Anggota Muspika Kecamatan Galesong, dan Galesong Utara hadiri HUT Gaukang Karaeng Bontomangape ke 384 tahun di Dusun Bontorita, Desa Bontomangape Kec. Galesong. Kamis, 11 Juni 2015.

Dalam ritual tahunan yang diselenggarakan masyarakat Dusun Bontorita, Desa Bontomangape tersebut di awali dengan ritual Appalili yaitu mengarak Hewan ternak yang kan disembelih nanti yaitu 1 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 16 ekor kambing bersama hasil bumi yang diarak rombongan yang memakai baju adat tradisional.
Acara adat ini berlangsung selama 3 hari 3 malam yang berpusat di Balla lompoa Karaeng Bontomangape.

“Event ini sangat baik untuk dilestarikan, sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan kita yang telah mengajarkan banyak hal mulai dari semangat perjuanagn membela tanah air, mengajarkan bagaimana mengatur pemerintahan yang baik dan prilaku baik lainnya yang patut diteladani, ” kata Bupati Takalar DR Burhanuddin
Baharuddin.

Bupati Takalar, saat itu juga menyatakan akan mengagendakan kegiatan ritual tersebut sebagai paket wisata budaya budaya yang diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Takalar.”Ke depan diharapkan event ini bisa lebih meriah lagi dengan cara penambahan kegiatan seperti lomba yang bersifat kedaerahan agar lebih menarik dan dapat dilirik oleh wisatawan, “ujarnya.

Dalam acara dirangkaikan dengan penyerahan bantuan alat pertanian pompanisasi sebanyak 6 buah dan alat pertanian hand prayer sebanyak 6 buah kepada masyarakat Desa Bontomangape dari Pemda Takalar untuk mendukung program pemerintah dalam peningkatan produksi pertanian menuju swasembada pangan di Kab.
Takalar. Selain itu juga diserahkan bantuan buku dan alat tulis kepada pelajar prasejahtera ke dua sekolah yaitu SDN Bontorita I dan SDN Bontorita II. Bantuan diserahkan simbolis oleh Bupati Takalar selaku Pemda Daerah.(hms/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *