Gelar Acara di Hotel, PNS Bisa Turun Pangkat

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi (ist)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi (ist)

Jakarta. Upaya pemerintah Jokowi-JK untuk melakukan penghematan di semua lini terus saja digencarkan. Salah satunya adanya pelarangan menggelar acara di hotel bagi semua instansi pemerintah.  Bagi PNS yang membandel atau tidak mengindahkan pelarangan ini akan dikenakan sanksi, berupa penundaan promosi jabatan bahkan penurunan pangkat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, di Istana Negara, Rabu (3/12/2014) memastikan bahwa pihaknya tidak akan main-main menegakkan kebijakan yang tertuang dalam Surat Edaran PAN dan RB No 10 tahun 2014 itu, karena bertujuan menghemat uang negara.

Yuddy mengaku masih ada PNS yang membandel, namun dia sudah meminta jajarannya untuk mensosiaslisasikan surat edaran tersebut ke seluruh pejabat negara, baik yang ada di pusat maupun di daerah. Merekan diharapkan menggunakan semua fasilitas pemerintah bila melakukan kegiatan. Dengan cara itu, Yuddy yakin akan meningkat efisiensi dan efektifitas anggaran.

Surar edaran Menpan dan RB yang efektif mulai berlaku pada 1 Desember 2014 itu juga memberi sanksi bagi PNS yang melanggar. “Ada sanksi bagi mereka yang tak bisa memberikan klarifikasi kenapa tak menggunakan fasilitas pemerintah untuk kegiatan. Kita sudah memberikan pemberitahuan dan surat edaran satu bulan ke belakang,” ujar Yuddy .

Ia menambahkan, semangat penyelenggaran pemerintahan didasari pada efisiensi, efektifitas dan produktifitas. Salah satunya rapat dengan menggunakan fasilitas negara adalah untuk memenuhi hal tersebut.

Kementerian PAN dan RB sudah mengantongi laporan terkait masih adanya acara kementerian atau lembaga pemerintahan baik di daerah yang menggelar acara di hotel. Pengawasan pun dikerahkan untuk memastikan surat edaran ini dipatuhi.(yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *