Gerakan Menulis KPI FDK UIN Alauddin Makassar

Moch.Yahya Mustapa
Moch.Yahya Mustapa

Makassar.-    Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar,Senin (17/11) mengadakan Writing Workshop. 

       Narasumber dari writing workshop itu yakni Drs. Moh. Yahya Mustafa, M.Si. Beliau memaparkan materinya terkait  pembuatan buletin, penulisan berita serta  rumus 5W + 1H dalam penulisan berita. 

        Kegiatan writing workshop ini dihadiri oleh sekira 44 peserta yang terdiri dari mahasiswa berbagai jurusan di FDK seperti jurusan jurnalistik, manajemen dakwah serta mayoritas pesertanya dari jurusan KPI itu sendiri sebagai penyelenggara dari kegiatan tersebut. 

        Wirda, selaku koordinator dari bidang writing HMJ KPI itu yang bertugas sebagai panitia pelaksana mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program dari Himpunan Mahasiswa Jurusan KPI. Serta kegiatan ini merupakan bekal awal buat mahasiswa-mahasiswi jurusan KPI untuk pelaksanaan program selanjutnya yang disebutnya, GerakanKPI menulis.

         Narasumber juga tak lupa membagikan pengalamannya dibidang kepenulisan serta pengalaman beliau saat 10 tahun menjadi wartawan bidang politik dan pemerintahan Harian Pedoman Rakyat Makassar.

         Alumni Ilmu Politik FISIP UNHAS 1989 itu, juga memperlihatkan beberapa buku di antaranya buku dari Ahmad Tohari, Ronggeng Dukuh Paruk serta satu buku lain yang ditulis oleh Sastrawan Indonesia, Pramodya Ananta Toer.

         Dalam kepenulisan, juga dibutuhkan intuisi, pemahaman pengetahuan dan yang terpenting ialah banyak membaca. “Membaca dan menulis itu adalah satu hal yang tak dapat dipisahkan”, ungkap Yahya Mustafa yang juga  salah seorang  dosen Luar Biasa di UIN Alauddin Makassar itu.

          Kegiatan berlangsung sekitar tiga jam yang dilaksanakan di LT Fakultas Dakwah dan Komunikasi tersebut sangat meriah, karena di penghujung workshop disediakan sesi tanya-jawab oleh peserta workshop kepada narasumber.(Galang Pratama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *