Gerhana Matahari Total Hanya Berlangsung 3 Menit

gerhanaPada tanggal 9 Maret 2016, masyarakat Indonesia dapat melihat gerhana matahari total, karena fenomena alam ini hanya melintas di Indonesia saja. Demikian diungkapkan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin.

Menurut Thomas, fenomena alam ini sangat unik.”Setiap gerhana matahari itu unik karena hanya melintas daerah-daerah tertentu saja,” kata Thomas

Durasi gerhana matahari ini akan yang hanya terjadi sekali dalam puluhan tahun ini akan berlangsung selama beberapa menit. “Durasi totalnya 1 sampai hampir 3 menit,” “kata Thomas.
Gerhana itu, kata Thomas, terjadi tak lama setelah matahari terbit. Daerah di Indonesia yang akan paling lama disinggahi fenomena ini adalah wilayah Luwuk, Sulawesi Tengah. Di daerah tersebut gerhana akan berlangsung selama 2 menit 50 detik. )

Terjadi beberapa fase
Dalam dunia astronomi, gerhana matahari merupakan fenomena yang sangat sepektakuler. Namun tidak semua fenomena gerhana matahari bisa dilihat langsung oleh mata telanjang. Minimal menggunakan kacamata yang telah didesain khusus untuk mengurangi penyerapan energi cahaya matahari yang masuk ke retina. Akan tetapi, ada pengecualian untuk fenomena gerhana matahari yang terjadi pada Maret mendatang di Indonesia.

Prof B. Ralph Chou, peneliti gerhana dari Universitas Waterloo, Kanada dilansir dari blog pribadinya mengatakan gerhana matahari yang terjadi di Indonesia adalah gerhana matahari total, yakni gerhana matahari yang 100% tertutup oleh Bulan. Sehingga sangat aman untuk dilihat langsung oleh mata. Namun periode ini terjadi dengan sangat singkat dan memang jarang terjadi.

Gerhana matahari total memiliki fase, yakni fase gerhana matahari cincin, sabit, dan gerhana matahari sebagian. Pada fase-fase tersebut, sangat tidak disarankan untuk melihat langsung matahari tanpa menggunakan alat khusus dalam rentang waktu yang lama.

Oleh karena itu, bagi yang tidak memiliki alat khusus ketika matahari belum masuk pada fase total, masyarakat awam disarankan untuk melihat fenomena gerhana di atas bayangan air. Setelah memasuki tahap gerhana matahari total, Anda dibolehkan untuk melihat secara langsung.

Fenomena alam yang langka ini telah diantisipasi oleh pemerintah. Para peneliti maupun wisatawan akan berdatangan ke negeri kita. Mudah-mudahan ini membawa hal yang positif bagi ilmu pengetahuan dan dunia wisata kita. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *