Giliran Marc Marquez Patahkan Ambisi Lorenzo dan Rossi

Marc Marquez (ist)
Marc Marquez (ist)

Phillip Island (rakyatbersatu.com) – Seri MotoGP 2015 yang digelar di Sirkuit Phillip Island Australia, Minggu (18/10/2015) menjadi ajang balap sangat seru yang mempertontonkan nyali dan strategi para raja balap kelas dunia. Hal ini diungkap sejumlah komentator balap yang menyiarkanl langsung seri MotoGP Australia tersebut.

Seri MotoGP Australia yang dimenangkan oleh Marc Marquez setelah melewati perjuangan yang panjang dan harus berjibaku dengan seterunya Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dari Tim Yamaha dan Andrea Iannone dari Tim Ducati merupakan prestasi gemilang bagi rider Repsol Honda tersebut. Dan ini kali kedua, pembalap Honda “mengganggu” perburuan juara dunia antara Rossi dan Lorenzo.

Tidak mudah bagi Marquez untuk mematahkan ambisi Jorge Lorenso dan Valentino Rossi yang sama-sama ngotot untuk menjadi juara dunia MotoGP musim ini. Dan hal itu terlihat sejak bendera star dikibaskan.

Salip dan menyalib di trek lurus maupun saat menikung adalah pemandangan yang kerap terjadi dan dilakukan dengan berani oleh masing-masing pembalap. Andrea Iannone yang selalu saja membuat kejutan saat Marquez dan Lorenzo maupun Rossi saling beradu kecerdikan, menjadi hal yang sangat menegangkan bagi penonton yang menyaksikan seri ini. Betapa tidak, Iannone yang tiba-tiba saja melesat cepat diantara Rossi maupun Marquez, kerap membuat kedua rider terperangah. Aksi berani Ianone ini menjadikan seri MotoGP Australia sangat menarik ditonton. Bahkan 10 tahun terakhir ini, tidak ada balapan yang seketat di Philip Island Australi ini.

Ketat di Lap Terakhir
Ketatnya balapan justru berlangsung di enam lap terakhir. Lorenzo nyaman berada di depan, sementara Marquez, Iannone, dan Rossi bergantian memperebutkan posisi podium.

Dua lap menjelang balapan berakhir, Rossi menyalip Marquez untuk naik ke posisi kedua dan membuat pebalap asal Spanyol itu melebar ke sisi lintasan. Ketika keduanya tengah bertarung berdekatan, Iannone ambil kesempatan. Ia menyalip keduanya untuk bisa naik ke urutan kedua.

Namun, posisi Iannone di urutan kedua pun tidak aman. Tak lama setelahnya, Rossi kehilangan posisi, Marquez naik ke urutan ketiga. Dan setelah itu, Marquez sukses menyalip Iannone. Petaka pun terjadi buat Rossi karena ia kembali ke posisi keempat.

Lorenzo yang berada di posisi terdepan pun tidak aman. Di lap terakhir, posisinya semakin dihantui oleh Marquez. Beberapa tikungan menjelang akhir balapan terjadi duel ketat: Lorenzo vs Marquez di posisi satu dan dua, serta Iannone vs Rossi di posisi tiga dan empat.

Tepat sebelum melewati trek lurus menuju garis finis, Marquez sukses melewati Lorenzo dan finis lebih dulu. Sementara, Rossi gagal memenangi duel dengan Iannone dan akhirnya harus puas finis di urutan keempat.

Dengan hasil ini, Rossi masih memimpin klasemen sementara dengan nilai 296. Sedangkan Lorenzo ada di posisi kedua dengan nilai 285. Sementara itu, Marquez dan Iannone berada di posisi ketiga dan keempat, masing-masing mengoleksi nilai 222 dan 188.(yd/bbs)

Hasil Balapan MotoGP Australia
1. Marc Marquez (Honda) 40:33,849
2. Jorge Lorenzo (Yamaha) +0,249
3. Andrea Iannone (Ducati) +0,930
4. Valentino Rossi (Yamaha) +1,058
5. Dani Pedrosa (Honda) +5,062
6. Maverick Vinales (Suzuki) +6,800
7. Cal Crutchlow (LCR Honda) +9,375
8. Pol Espargaro (Tech 3 Yamaha) +18,401
9. Aleix Espargaro (Suzuki) +20,039
10. Bradley Smith (Tech 3 Yamaha) +20,657
11. Scott Redding (Marc VDS Honda) +21,846
12. Danilo Petrucci (Pramac Racing Ducati) +22,840
13. Andrea Dovizioso (Ducati) +29,168
14. Alvaro Bautista (Aprilia) +37,244
15. Jack Miller (LCR Honda) +40,192

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *