Gita Wirjawan Mundur dari Kabinet SBY

 

Gita Wirjawan (ist)
Gita Wirjawan (ist)

Gita Wirjawan mundur diri dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Pengunduran Gita ini sudah mendapat persetujuan SBY. Namun sampai berita ini diturunkan belum diketahui pasti siapa yang bakal mengisi kursi Mendag yang kosong itu.

“Saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Menteri Perdagangan,” kata Gita dalam jumpa pers di Kementerian Perdagangan, Jumat,31 Januari 2014

Pengunduran Gita yang efektif mulai 1 Februari 2014 tersebut dikarenakan dirinya ingin lebih fokus untuk mengikuti konvensi Partai Demokrat. “Saya sudah merasa selayaknya jika saya harus mencurahkan seluruh energi dan waktu untuk mensukseskan seluruh upaya yang mulia tersebut,` kata Gita dalam jumpa pers yang hanya berlangsung empat menit itu.

Menurut Gita, pengunduran diri tersebut didasari dari kesadaran diri tentang besarnya konflik kepentingan jika dia memilih untuk terlibat secara penuh dalam proses politik khususnya dalam konvensi tersebut.

Gita mengharapkan, langkah yang diambilnya tersebut merupakan langkah terbaik bagi Indonesia dan bisa menjadi presiden dalam perkembangan politik dan demokrasi di Indonesia. “Saya berterima kasih kepada keluarga saya dan seluruh rekan-rekan lainnya yang memberikan dukungan,” kata Gita.

Gita menambahkan, kebijakan yang mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan nasional yang dikeluarkan semasa dia menjabat, dapat dilanjutkan oleh pejabat penggantinya.

Hal tersebut, lanjut Gita, antara lain adalah beberapa peraturan menteri, diskusi terkait RUU Perdagangan, Permendag 70/2013, penyelenggaraan WTO yang mengedepankan kepentingan negara miskin dan para petani dan negara berkembang.

Sementara itu, Juru Bicara DPP Partai Demokrat Ichsan Modjo menghargai sikap Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang resmi mengundurkan diri dari kabinet.  Ichsan memastikan, kabinet tak akan terganggu dengan mundurnya Gita Wirjawan.
“Sikap Pak Gita Wirjawan kita hormati, kita hargai karena beliau¬† memang ingin fokus untuk mencalonkan diri sebagai presiden melalui konvensi Partai Demokrat,” ujar Ichsan Modjo saat dikonfirmasi.

Ichsan Modjo menambahkan. sikap Gita Wijawan bisa menjadi contoh bagi tokoh lain yang masih menjabat untuk mengundurkan diri bila ingin serius maju dalam pertarungan presiden.

“Baik menteri, atau yang masih menjabat sebagai gubernur sekalipun, bila punya niat menjadi calon presiden, alangkah lebih baik berkonsentrasi seperti Gita Wirjawan,” ujarnya.

Gita merupakan salah satu dari 11 peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat yang juga diikuti oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan, Ketua DPR Marzuki Alie, dan Rektor Paramadina Anies Baswedan.

Gita mengecap pendidikan S1 di sekolah musik Berkeley Amerika Serikat dan Kennedy School of Government di Harvard University. Pada tahun 2002 pria yang jago bermain piano itu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Harvard University.

Semasa karir profesionalnya Gita pernah menjabat sebagai Presdir JP Morgan Indonesia tahun 2006-2008 kemudian mendirikan perusahaan capital sendiri yakni Ancora tahun 2008.

Tahun 2009 dia menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Gita dilantik sebagai Menteri Perdagangan tahun 2011.(fr/ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *