Gol Mario Goetze Antar Jerman Juara Dunia 2014

 

Akhirnye Timnas Jerman merebut Piala Dunia 2014 (reuters)
Akhirnye Timnas Jerman merebut Piala Dunia 2014 (reuters)

Rio de Janeiro.-Timnas Jerman akhirnya menuai kemenangan melalui sepakan cantik Mario Goetze pada menit ke 113 dalam laga final Piala Dunia Jerman-Argentinai Stadion Maracana, Minggu atau Senin (14/7/2014) dini hari WIB. Gol tunggal tersebut baru bisa tercipta saat kedua tim memainkan babak tambahan karena bermain imbang tanpa gol selama 90 menit. Sukses ini menorehkan sejarah baru karena Jerman menjadi satu-satunya tim Eropa yang sukses menjuarai Piala Dunia di Amerika Selatan.

Go kemenangan Jerman tersebut berawal dari aksi Andre Schuerrle di sisi kiri pertahanan Argentina, kemudian memberikan umpan silang ke tengah kotak penalti. Goetze langsung mengontrol umpan tersebut sebelum melepaskan bola tendangan keras yang masuk ke pojok kiri gawang Argentina.

Selama paruh pertama, Jerman tampak kesulitan menembus rapatnya berisan belakang Argentina, sementara Lionel Messi dan kawan-kawan terlihat lebih efektif dalam melakukan serangan balik.

Striker Argentina, Gonzalo Higuain, sempat membobol gawang Jerman namun, gol tersebut dianulir wasit karena hakim garis menilai Higuain lebih dulu berada di posisi offside. Sedangkan peluang terbaik Jerman diciptakan Andre Schuerrle pada menit ke-36. Pemain yang baru masuk menggantikan Kramer itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Akan tetapi, bola tendangannya masih dapat ditepis oleh kiper Argentina, Sergio Romero.

Pada injury time, Der Panzer kembali mendapatkan peluang. Namun, kali ini giliran Benedikt Hoewedes yang gagal karena sundulannya, yang memanfaatkan bola umpan tendangan pojok Kroos, masih membentur tiang gawang.

Selepas turun minum, Argentina kembali mengancam melalui aksi Messi. Beruntung bagi Jerman, bola tendangan Messi dari dalam kotak penalti masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Jerman.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan FIFA, Jerman menguasai bola sebanyak 60 persen dan melepaskan tujuh tembakan akurat dari 10 usaha. Adapun Argentina menciptakan 2 peluang emas dari 9 percobaan.(*)

Susunan pemain
Jerman: 1-Manuel Neuer; 16-Philipp Lahm (kapten), Mats Hummels, 20-Jerome Boateng, 4-Benedikt Hoewedes; 7-Bastian Schweinsteiger, 23-Christoph Kramer (9-Andre Schuerrle 32), 18-Toni Kroos; 8-Mesut Oezil, 13-Thomas Mueller; 11-Miroslav Klose (19-Mario Goetze 88)
Pelatih: Joachim Loew

Argentina: 1-Sergio Romero; 4-Pablo Zabaleta, 15-Martin Demichelis, 2-Ezequiel Garay, 16-Marcos Rojo; 6-Lucas Biglia, 14-Javier Mascherano, 8-Enzo Perez (5-Fernando Gago 86); 10-Lionel Messi (kapten), 22-Ezequiel Lavezzi (20-Sergio Aguero 45); 9-Gonzalo Higuain (18-Rodrigo Palacio 78)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *