Guru Diminta Persiapkan Generasi Paripurna

nurdinBantaeng,(RakyatBersatu). Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah meminta kepada para guru agar mempersiapkan generasi yang lebih paripurna.Generasi yang dimaksud adalah generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki akhlak, etika dan moral yang baik. Dengan begitu, bangsa ini akan maju sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya.

Hal itu dikemukakan Bupati HM Nurdin Abdullah ketika membuka Pameran Pendidikan USAID Prioritas di gedung Balai Kartini, Kamis (3/4).

Pameran yang diikuti 24 sekolah (18 SD/MI dan 6 SMP/Mts) binaan USAID Prioritas tersebut dihadiri Ketua Lembaga Pusat Penjamin Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional Dr Eka Putra, Kepala Seksi Hubungan Kerjasama Luar Negeri Kantor Gubernur Sulsel, Ketua Dewan Pendidikan H Ahmad Karim, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan sejumlah petinggi daerah lainnya.

Menurut Bupati Bantaeng, untuk mewujudkan generasi yang mampu membawa bangsa ini jauh lebih baik dimasa mendatang, tumpuannya hanya kepada para guru.

‘’Gurulah yang menentukan, mampu tidaknya generasi bangsa ini menjadi buruh atau menjadi leader di negerinya sendiri,’’ tuturnya seraya mengatakan, pada tahun 1950-an, pendapatan perkapita kita berada di atas rata-rata bangsa Asia lainnya, termasuk China dan Korea Selatan (Korsel).

Namun, pada 2013 kedua bangsa tersebut sudah berada di atas rata-rata pendapatan Bangsa Indonesia. China berhasil meningkatkan pendapatannya menjadi 2300 dolar AS, sementara Korsel sudah mencapai 23 ribu dolar AS.

Belum lagi Singapura dan Malaysia. Sementara jika dibandingkan dengan kekayaan alam kita yang melimpah tentu tidak sepadan jika pendapatan perkapita kita yang lebih rendah.

Kenapa terjadi demikian, tanya bupati dua periode itu, jawabnya karena bangsa ini, terutama system pendidikan kita salah urus. Karena itulah, kita harus sadar bahwa kunci untuk mengembalikan kejayaan tersebut berada pada sektor pendidikan.

Ia kemudian mengingatkan, ke depan kita akan menghadapi krisis pangan dan energi. Bila tidak ada terobosan untuk mengantisipasi tersebut, kita akan mewariskan air mata terhadap anak cucu kita.

‘’Negara lain tidak punya sumber daya alam, tetapi mereka memiliki dana yang cukup sehingga dia bisa melakukan impor. Sementara kita di Indonesia, mungkin akan kesulitan karena kita keterbatasan dana,’’ urainya.

Karena itulah, Bupati HM Nurdin Abdullah mengingatkan pentingnya pendidikan sejak usia dini agar harapan munculnya anak-anak yang paripurna tersebut bisa diraih.

Sebelumnya, Koordinator USAID Prioritas Sulsel, Jamaluddin menguraikan rangkaian program yang dilakukan sejak September/Oktober 2013 yang diawali kunjungan kerja ke binaan USAID Prioritas di Pinrang dan Sidrap.

 Setelah itu dilakukan pelatih para guru di bidang matematika, IPS, IPA dan mata pelajaran lainnya. Usai pelatihan, guru, kepala sekolah dan pengawas melakukan pendampingan di kelas masing-masing.(hms/rbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *