Hadapi MEA, BPSK Parepare Diminta Perkuat Diri

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe (ist)
Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe (ist)

Parepare (rakyatbersatu.com) –Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe minta Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Parepare lebih memperkuat diri dalam memerankan fungsi perlindungan konsumen, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Penegasan ini disampaikan Taufan di sela-sela sosialisasi BPSK Kota Parepare, di Barugae, Kompleks Rujab Wali Kota Parepare, Rabu, 11 November.

Kata Taufan, usaha penguatan peran BPSK juga dimaksudkan untuk menghadapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)  akhir tahun ini.

“Dokter luar negeri akan datang buka praktek di kota ini. pengusaha-pengusaha asing tak bisa kita bendung, mereka akan datang berusaha. Dalam hal ini tentu dibutuhkan peran BPSK yang kuat untuk mampu memfilter para pelaku usaha, sehingga mereka tidak merugikan masyarakat kita,” kata Taufan.

Keberadaan BPSK ujar Taufan, sangat penting dalam mengadvokasi dan mengedukasi masyarakat tentang hak-hak mereka selaku konsumen. Taufan pun minta agar lembaga ini disosialisasikan hingga ke kelurahan dan setiap RT RW.

Masih banyak masyarakat kata dia, yang tidak mengetahui keberadaan BPSK.  Di satu pihak, kebutuhan akan perlindungan hak-hak masyarakat sebagai konsumen semakin hari semakin dibutuhkan.

Perlindungan BPSK kata Taufan, tak harus melulu soal produk jasa dan barang yang dinilai mengecewakan, namun bisa dimulai dari informasi terhadap produk tersebut yang keliru.

“Kalau barang yang kita terima tidak sesuai dengan informasi yang diberikan pihak produsen, masyarakat berhak melaporkan hal itu ke BPSK,” katanya.

Tahun 2015 hingga bulan Oktoner 2015, BPSK mencatat telah melakukan mediasi perkara sengketa konsumen hingga puluhan kali. Mulai dari persoalan listrik hingga perbankan.

Sosialisasi ini menghadirkan beberapa anggota BPSK Kota Parepare sebagai narasumber. Salah satunya adalah Safriani Sudirman.  Turut hadiridua anggota dewan, yakni  H Sulaemana dan Hj. Andi Nurhanjayani. Adapun peserta sosialisasi terdiri dari seluruh komponen masyarakat Parepare.(a.rahman/yd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *