Hamid Awaluddin: Bantaeng Fantastis!

Hamid Awaluddin (ist)
Hamid Awaluddin (ist)

Mantan Menteri Hukum dan HAM Dr Hamid Awaluddin mengatakan, perkembangan di Kabupaten bantaeng sangat fantastis.

Maju pesat tersebut disebabkan Bupati yang kreatif dan jujur. ‘’Banyak pejabat yang kreatif tapi tidak jujur sehingga kerjanya tidak maksimal. Bahkan tidak berwibawa,’’ ujarnya saat menyertai perjalanan mantan Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla ke daerah berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulsel.

Menurut Hamid yang juga mantan Duta Besar (Dubes) RI untuk negara Rusia itu, pemimpin bisa berwibawa bila dia jujur. Dengan begitu, rakyat akan menurut karena dinilai panutan.

Hal ini dimiliki Bupati Bantaeng. Dia kreatif karena latar belakangnya pengusaha. Dia juga jujur karena latar belakang yang sudah memiliki sesuatu sebelum menjadi pejabat.

Harga dirinya juga tinggi karena latar belakang sebagai akademisi dan tidak pernah macam-macam. ‘’Pokoknya lengkap sehingga membuat Bantaeng maju pesat dalama waktu singkat,’’ urainya.

Dan, yang paling menonjol selama ini adalah keuletannya mencari peluang pasar dan investasi. ‘’Bayangkan, seorang bupati mampu memasukkan industri padat modal dan padat karya.’’

Ini tentu karena Bupati Bantaeng memiliki kemampuan untuk meyakinkan para pemodal kakap. ‘’Dia mampu member rasa aman dan nyaman serta kepastian,’’ jelas Hamid yang juga dosen Unhas.

Hal ini yang tidak dimiliki daerah lain. ‘’Biasanya, mau ketemu pejabat saja harus menunggu. Staf bagian bawahnya juga menunggu sesuatu sehingga ada kesan dari investor yang merasa dikerjai,’’ tandasnya.

Dari sisi infrastruktur, Hamid Awaluddin menilai sangat menunjang karena kebersihan kota serta penataan yang rapih sehingga membuat siapapun yang masuk ke Bantaeng akan merasa berbeda dengan daerah lainnya.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *