Hanya Keajaiban Rossi Bisa Juara Dunia

Aksi Valentino Rossi (ist)
Aksi Valentino Rossi (ist)

Valencia (rakyatbersatu.com) – Rider Yamaha Valentino Rossi harus berjuang keras untuk menjadi juara dunia. Pasalnya, legenda motoGP yang belum lama ini mengajukan banding atas hukuman yang diberikan kepadanya pasca ‘duel’ dengan MarcMarquez di Sirkuit Sepang, akhirnya ditolak oleh Penggadilan arbitrase olahraga internasional (CAS).

Keputusan CAS yang diumumkan pada Kamis, 5 November 2015 tetap mendukung keputusan director MotoGP Malaysia. Rossi harus tetap memulai balapan di Valencia pada Minggu (8/11/2015) di posisi paling buncit.

Banyak pihak yang memprediksi, Rossi bakal kesulitan untuk menjadi juara dunia tahun ini. Kalaupun Rossi mampu melesat ke posisi aman untuk menjadi juara dunia, hanyalah keajaiban saja. Apalagi rekan setimnya, Jorge Lorenso yang paling punya kans menjadi juara dunia adalah juga pembalap tangguh, meski Rossi untuk sementara unggul 7 poin dari Lorenso.

Ada beberapa fakta yang bisa menjadi ukuran bahwa peluang Lorenso menjadi juara dunia musim balap ini terbuka lebar. Pertama, dalam 17 seri ini Lorenso hanya memiliki start terburuk sekali saja, yakni start ke 8 di Belanda. Bahkan Lorenso memiliki catatan bagus yakni 13 kali start di posisi tiga besar, dan 4 kali pole positon. Artinya, start buruk Lorenso tak akan mampu membuat Rossi bernafas lega.

Lalu bagaiman jika Lorenzo terjatuh dan gagal finis. Tentu ini bisa saja terjadi. Tetapi, Lorenzo tidak akan mau melakukan aksi berbahaya untuk memenangkan pertarungan ini. Dia akan bermain aman. Kalaupun sudah melakukan hal terbaik, namun Lorenzo terjatuh dan tidak bisa finis, maka gelar juara dunia memang milik Valentino Rossi.

Dalam menghadapi puncak balapan rahun ini, Rossi terlihat pasrah menerima keputusan yang telah diambil oleh CAS. Tetapi yang pasti Rossi tidak patah arang, dia harus berjibaku melewati 20 pembalap tangguh, tentu dengan berbagai resiko. Dan inilah perjuangan terberat seorang Rossi dipentas balap kelas dunia itu. Jika keberuntungan masih memihak pada Rossi maka namanya akan terus dikenang sepanjang masa sebagai legenda balap MotoGP. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *