Hari Ini, 4 Heli Cari Aviastar yang Hilang

Makassar (rakyatbersatu.avisarr) – Empat helikopter akan dilibatkan melakukan pencarian pesawat Aviastar yang hilang kontak usai lepas landas dari Masamba menuju Makassar pada Jumat (2/10/2015). Selain pencarian lewat udara, upaya pencarian lewat darat juga telah dilakukan dengan melibatkan instansi terkait di wilayah Palopo dan Luwu.Sementara itu, Tim Basaranas juga mulai melakukan pencarian hari ini.

Kepala Dinas Personel Lanud Hasanuddin Makassar, Letkol Pnb. HKD Handaka mengatakan dalam pencarian lewat udara ini melibatkan heli milil TNI AU, AD dan dari Aviasstar. Dan untuk memaksimal pencarian dilibatkan pula anggota Kodim dan Polres. Mereka akan difokuskan pada wilayah yang diduga menjadi titiuk hilangnya Aviastar.

“Rute pencariannya menelusuri track (jalur terbang) pesawat dari Masamba ke Makassar,” kata Handaka saat jumpa pers di Lanud Hasanuddin.

Stop Terbang Sepekan
Sementara itu Menteri Perhubungan Ignatius Jonan untuk sementara melarang semua jenis pesawat twin otter untuk terbang dalam sepekan ini untuk mencegahl yang tidak diinginkan terjadi.

“Saya sudah minta agar semua pesawat jenis Twin Otter yang sama dilarang terbang dan diperiksa terlebih dahulu selama seminggu ini,” kata Jonan seperti dilansir detikcom.

Twin Otter adalah jenis pesawat penumpang sipil (airliner) sayap tinggi (high wing) yang bermesin turboprop. Pesawat jenis ini sering digunakan untuk penerbangan perintis ke wilayah-wilayah yang tak bisa dicapai pesawat besar.

Pesawat Aviastar hilang kontak 7 menit setelah take off dari Masamba. Jonan memastikan penyebab hilang kontak bukan karena cuaca.

Di dalam pesawat tersebut ada 7 penumpang dan 3 kru pesawat. Berdasarkan data yang diperoleh Kapolres Luwu Utara AKBP Muh Endro, kru di dalam pesawat tersebut, yaitu:
1. Pilot Captain Iri Afriadi
2. Kopilot Yudhistira
3. Teknisi Sukris

Sedangkan penumpang terdiri dari 5 orang dewasa dan 2 bayi. Berikut nama-namanya:
1. Nurul Fatin
2. Lisa Falentin
3. Riza Arman
4. Sakhi Arqam
5. M Natsir
6. Bayi Afif
7. Bayi Raya (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *