Hercules Jatuh di Medan, Tewaskan 113 Penumpang

Pesawat Hercules yang hancur dan terbakar (foto Antara)
Pesawat Hercules yang hancur dan terbakar (foto Antara)

Medan.RBC. Sampai Selasa malam (30/6/2015) tadi jumlah korban tewas dalam kecelakaan pesawat hercules tipe C-130 milik TNI Angkatan Udara yang jatuh di sekitar Kompleks Gardenia, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara sekitar pukul 12 WIB mencapai 113 orang. Sebagian besar korban sudah dievakuasi oleh Tim SAR setempat ke rumah sakit terdekat.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Madya Dwi Badarmanto mengatakan jumlah tersebut sesuai dengan manifes penumpang, yakni 101 penumpang dan 12 awak pesawat prajurit TNI Angkatan Udara.
“Jadi 101 itu tidak termasuk dengan awak prajurit. Ditambah mereka totalnya jadi 113,” kata Dwi seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa malam (30/6).

Sebelumnya, Kepala Penerangan Pangkalan Abd Saleh Letkol Sutrisno saat jumpa pers di kantornya mengatakan pesawat Hercules yang nahas itu mengangkut prajurit dan keluarganya untuk penerbangan umum rutin.Pesawat dan awak milik Skadron 32 Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh ini bertolak dari markas pada 29 Juni 2015 hingga 2 Juli 2015 mendatang.

Dia menambahkan, pesawat Hercules ini juga mempunyai misi untuk mengangkut para prajurit TNI AU untuk kembali ke daerah-daerah. “Misi penerbangan umum, ini mengangkut prajurit dan keluarga,” tambahnya.

Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh memastikan jika pesawat Hercules C-130 dengan nomor pesawat A-1310 dalam kondisi fit ketika bertolak meninggalkan Kabupaten Malang. “Pesawat dalam kondisi baik, sudah dicek dan ini penerbangan umum dengan rute yang ditentukan. Jadi setelah melalui tiga titik untuk meninggalkan titik keempat alami insiden. Dua menit take off dari Pangkalan Suwondo pesawat alami trouble di kokpit. Akan balik lagi, sebelum landing terjadi insiden ini,” tutur Sutrisno menambahkan. (yd/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *