Himpun Inovasi dari Daerah, AUS-AID ke Bantaeng

Wakil Bupati H Muhammad Yasin foto bersama Tim KSI Aus-Aid serta pimpinan SKPD pada pertemuan yang berlangsung di rumah jabatan Bupati Bantaeng, Selasa (21/10).
Wakil Bupati H Muhammad Yasin foto bersama Tim KSI Aus-Aid  pada pertemuan yang berlangsung di rumah jabatan Bupati Bantaeng, Selasa (21/10).

Bantaeng,  Lembaga nirlaba Australia, Australian-Aid (Aus Aid) melalui Knowledge Sector Initiative (KSI) bermaksud menghimpun inovasi yang dilakukan di daerah.

Lembaga ini melihat banyak inovasi yang bagus dan menarik di daerah dibanding di kota-kota besar yang dapat dijadikan acuan untuk program penguatan masyarakat sipil.

Program Officer KSI Aus Aid, Endah Bayu Purnawati mengatakan hal itu, usai diterima Wakil Bupati Bantaeng H Muhammad Yasin di rumah jabatan Bupati Bantaeng, Selasa (21/10).

Endah yang tiba di Bantaeng bersama Senior Advisor KSI Aus-Aid Arnaldo Pellini dan seorang penerjemah mengatakan, program KSI merupakan kerjasama inisiatif baru antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia.

Kerjasama kedua pemerintah tersebut bertujuan mengembangkan sektor pengetahuan di Indonesia untuk mendukung pengambilan kebijakan publik yang lebih berkualitas melalui pemanfaatan data, hasil-hasil penelitiandan analisis serta bukti-bukti lainnya secara lebih baik.

Untuk meraih hal itu, KSI ini melakukan pemetaan actor-aktor di tingkat nasional dan subnasional yang terlibat dalam penggunaan pengetahuan (knowledge) yang ada dalam perumusan strategi dan pengambilan implementasi kebijakan, terang Endah Bayu Purnawati.

Salah satu daerah yang menjadi sasaran adalah Kabupaten Bantaeng. Daerah ini banyak memiliki inovasi. Selain Bantaeng, KSI Aus-Aid juga akan melakukan kunjungan yang sama ke Probolinggo dan Mataram.

Selama berada di Bantaeng, Selasa dan Rabu (21/22 Oktober), Tim KSI Aus-Aid juga melakukan pertemuan dengan sejumlah lembaga non pemerintah (LSM) untuk mengetahui bagaimana hubungan antar kedua lembaga berjalan, tambah Endah.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *