Hitung Cepat: Jokowi-JK Pemenang Pilpres 2014

Jokowi dan istri usai menggunakan hak pilihnya (tribunnews)
Jokowi dan istri usai menggunakan hak pilihnya (tribunnews)

Jakarta.- Hasil hitung cepat yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei terhadap Pemilu Presiden 2014, Rabu, 9 Juli 2014 menetapkan pasangan Jokowi-JK sebagai pemenang.

Hasil hitung cepat Kompas pada pukul 14.15 WIB menunjukkan, secara nasional, Jokowi-Hatta memperoleh suara sebanyak 52,65 persen. Adapun Prabowo-Hatta memperoleh suara sebanyak 47,35 persen.

Pasangan Jokowi-JK unggul di keenam gugus. Di Sumatera, pasangan ini memperoleh 51,29 persen suara, sementara Prabowo-Hatta memperoleh 48,71 persen. Di Jawa, Jokowi-JK memperoleh 51,76 persen suara, sedangkan Prabowo-Hatta memperoleh 48,24 persen. Di gugus Bali dan Nusa Tenggara, Prabowo-Hatta hanya memperoleh 46,62 persen, sedangkan pasangan Jokowi-JK unggul dengan 53,38 persen.

Di Kalimantan, Jokowi-JK juga unggul dengan 54,81 persen, sementara Prabowo-Hatta hanya 45,19 persen. Di gugus Sulawesi, Prabowo–Hatta mengantongi 42,10 persen, sedangkan Jokowi-JK mendapatkan 57,90 persen. Di Maluku-Papua, Jokowi unggul jauh dengan 64,32 persen, sementara Prabowo-Hatta hanya 35,68 persen.

Berdasarkan sumber Litbang Kompas, tercatat jumlah sampel pemilih yang dipantau atau dihitung sebanyak 786.000 orang. Batas kesalahan atau margin of error dari hasil hitung cepat ini adalah lebih kurang 0,11 persen untuk sampel pemilih dan lebih kurang 2,2 persen untuk sampel TPS.

Ini adalah quick count kesembilan yang diselenggarakan Litbang Kompas. Untuk menjaga independensi, seluruh pendanaan dibiayai sendiri dari anggaran PT Kompas Media Nusantara tahun 2014. Hasil hitung cepat Kompas tergolong presisi dengan toleransi kesalahan di bawah 1 persen.

Sementara itu, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA telah mengumumkan hasil exit pollnya. Denny JA menutup pemapasan hasil exit poll dengan ucapan selamat datang untuk pasangan capres pemenang pemilu versi hitung cepat lembaganya.

“Kalian menjadi saksi, jam 14.00 WIB siang ini sudah kita umumkan pemenang Pilpres versi exit poll. Selamat datang kepada Jokowi-JK sebagai presiden kita yang baru,” kata Denny JA di kantornya, Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (9/7/2014).
Hasil exit poll Denny JA, pasangan Prabowo-Hatta memperoleh suara sebesar 48,25% sedangkan pasangan Jokowi-JK sebesar 51,74%.

Sampel yang digunakan dalam survei ini sebanyak 8.000 orang yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia.Margin of error sebesar 1% dengan metode penelitian multistage random sampling.
Denny akan segera mengungkapkan analisisnya atas kemenangan tipis Jokowi-JK. Ia mengatakan, Jokowi-JK memang belum bisa dikatakan sebagai pemenang sebenarnya.”Ini hanya prediksi karena sangat mungkin ada human error atau kesalahan teknis. Secara resmi akan diumumkan oleh KPU,” kata peneliti LSI, Ruli Akbar.”Namun survei ini bisa dipertanggungjawabkan. Kami telah membuktikannya pada pilpres 2009 lalu,” tambah Denny.
Sementara itu colon presiden nomor urut dua, Joko Widodo (Jokowi), mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan suara untuknya dan pasangannya, Jusuf Kalla.

“Terima kasih tak terhingga kepada rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, juga kepada relawan dari Sabang sampai Merauke, dan seluruh kader partai PDI Perjuangan, Nasdem, PKB, Hanura, dan PKP Indonesia yang sudah bekerja keras, bahu-membahu dari pagi hingga siang dan malam,” kata Jokowi dalam jumpa pers di kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (9/7/2014).

Jokowi mengucapkan rasa syukurnya atas hasil quick count sejumlah lembaga yang menempatkannya dan Jusuf Kalla pada peringkat pertama. Ia meminta agar hasil ini dikawal hingga ke penghitungan resmi di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Saya kira sekarang kita semua harus mengawal hasil rekapitulasi baik di KPUD dan KPU sehingga semua berjalan bersih, jujur, dan tidak ada intervensi. Kami minta rakyat Indonesia menjaga kemurnian aspirasi rakyat. Jangan ada yang coba-coba mencemari apa yang dikehendaki rakyat hari ini,” ujar Jokowi. (yd/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *