HM Jusuf Kalla: Perlu Langkah Besar Jika Indonesia Ingin Jadi Pengekspor Beras

Wakil Presiden Jusuf Kalla (ist)
Wakil Presiden Jusuf Kalla (ist)

Ogan Ilir (rakyatbersatu.com) – Wakil Presiden HM Jusuf Kalla (JK) menyebut bahwa Indonesia memerlukan langkah besar dan stratgis untuk menjadi negara pengeskspor beras. Menurut JK, sampai saat, Indonesia belum pernah mengekspor beras. Itu terjadi karena, produksi beras kita hanya habis untuk dikonsumsi saja.

“Kita tidak pernah mengekspor artinya. Produksi kita tidak pernah lebih dari konsumsi,” kata JK saat acara panen raya padi dan peringatan hari pangan dunia di Desa Palu, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (17/10/2015).

Ditegaskan JK, untuk menjadi negara pengeskspor beras, Indonesia harus punya hitung-hitungan yang jelas. BPS harus punya data akurat. Harus dihitung ulang kebutuhan dan produksi beras kita. Sangat berbahya jika hitungan itu tidak cermat.

“Penting bagi pemerintah untuk menghitung ulang kebutuhan dan produksi beras kita. Data itu akan menjadi acuan bagi pemerintah untuk membuat kebijakan dan program peningkatan pangan kita, ” tandasnya.

Dijelaskan Jusuf Kalla, untuk meningkatkan produksi beras Indonesia harus ada langkah besar.Caranya adalah ada pada teknologi, perbaikan inftrastruktut pertanian dan penyiapan sumber daya yang handal.

“Sangat berbahaya jika kita tidak memiliki ketahanan pangan yang kuat. Negara bisa tumbang, karena kekurangan beras, ” tandas pria kelahiran Bone Sulsel itu.

Kalau kita tidak memiliki motor atau baju, kata JK, masyarakat tidak peduli. Tetapi jika tidak memiliki beras, maka persoalannya menjadi lain, pasti rakyat unjuk rasa.

JK memandang kebutuhan pangan harus dipenuhi bahkan harus ada surplus sebagai cadangan. Bila muncul kebutuhan mendesak, cadangan pangan bisa dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Lebih baik banyak daripada kurang. Kalau baju kurang, kita bisa cuci pakai lagi. Kalau pangan nggak bisa. Sudah kita pakai habis. Tidak bisa dihemat-hemat. Harus ada cadangannya,” ujarnya.(ya/bbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *