Hotel di Makassar Terpaksa Perang Tarif

Anggiat Sinaga (ist)
Anggiat Sinaga (ist)

Makassar, RBC – Tidak seimbangnya antara pertumbuhan hotel dan deman yang stagnan menyebabkan hotel-hotel di Kota Makassar terpaksa melakukan perang tarif. Ini diakui oleh Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga.

“Kondisi pasar memang tidak berimbang. Suplai tumbuh antara 25-30 persen, sementara demand cenderung stagnan. Dalam kondisi yang belum stabil, maka tidak bisa dihindari lagi adanya perang tarif. Bahkan permintaan sempat turun saat adanya peraturan Kemenpan- RB  yang melarang lembaga pemerintah bikin kegiatan di hotel dengan alasan penghematan anggaran negara.

Apalagi, lanjut Sinaga, masih ada lima hotel yang akan dibuka dalam waktu dekat ini. Kelima hotel tersebut masing-masing  Novotel Makassar Grand Shayla di Jalan Chairil Anwar, Grand City Makassar di Jalan AP Pettarani, Hotel Sheraton di Jalan Landak, Hotel Catur di Tanjung Bunga, dan Hotel Swissbell di Jalan Ujungpandang.

Sebenarnya, Pemkot Makassar sejak tahun lalu sudah mengeluarkan moratorium; tidak lagi mengeluarkan izin operasi hotel mulai 1 Januari 2015. Tetapi, mengapa masih  ada lima hotel yang akan memulai operasinya? “Hotel itu sudah mulai dibangun sejak tahun lalu sebelum keluar moratorium Pemkot Makassar. Hotel itu dipastikan  menambah sekitar 1.000 kamar lagi di Makassar,”  jawab Sinaga.

Dia menyodorkan data, sekarang ini sudah ada 265 hotel yang beroperasi di Makassar mencakup bintang lima dan nonbintang. Total jumlah kamar 12.500 unit. Jika lima hotel baru beroperasi, maka jumlahnya mencapai 270 hotel dengan jumlah kamar sebanyak 13.500 unit. Bahkan, pada awal 2016 juga sudah ada beberapa hotel akan dilaunching, di antaranya  Ibis Stayle di Jalan Ratulangi dan Grand Rindra di Tanjung Bunga. Yang terakhir ini merupakan hotel milik keluarga Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Wilianto Tanto, CEO Hotel Grand Clarion group, katanya. (uka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *